• Sabtu, 13 Juli 2024. Jam: 06:40

Pemkot Singkawang Dan Normah Medical Specialist Centre Kuching Jajaki Kerja Sama

Singkawang, Kalbar – Pemerintah Kota Singkawang menerima kunjungan dari Normah Medical Specialist Centre Kuching di Ruang Rapat Wali Kota Singkawang, Senin (29/01).

Kunjungan ini dalam rangka penjajakan kerjasama antara Pemerintah Kota Singkawang dengan Normah Medical Specialist Centre Kuching yang dilanjutkan dengan visitasi langsung ke RSUD Abdul Aziz Singkawang.

Koordinator Pengalaman Pasien dan Eksekutif Humas Internasional Rumah Sakit Normah, Muchlis Muchylie mengatakan tujuan kunjungan ini adalah untuk berbagi informasi dan edukasi terkait dengan Medical Knowledge dan Medical Service yang ada di Rumah Sakit Normah.

“Normah bukanlah apa-apa, kami hanya menjalankan apa yang sudah menjadi prosedur akreditasi internasional yang menginginkan pelayanan yang baik , dan ini kami berbagi informasi dengan kerabat rumah sakit di Singkawang. Karena sejatinya yang kita perjuangkan adalah kepentingan dan kebaikan pasien.” jelasnya.

Muchlis menjelaskan, pelayanan di Rumah Sakit Normah selalu mengutamakan Medical Knowledge dan Medical Service terhadap pasien melalui pendekatan etis dan holistik dengan tidak berorientasi pada profit.

“Mulai dari deteksi penyakit sejak dini, peningkatan keselamatan dan kewaspadaan terhadap obat-obatan, menangani pasien dengan penuh kasih sayang serta menjaga kualitas hidup mereka dan semuanya dengan biaya terjangkau.” ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menyambut baik kehadiran rombongan Normah Medical Specialist Centre Kuching. Menurutnya, pertemuan ini dapat dijadikan sebagai wadah edukasi guna meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD Kota Singkawang.

“Dari paparan yang telah dijelaskan, kita sangat mengagumi kondisi dan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan di Rumah Sakit Normah. Ada baiknya dari pertemuan ini, kita harus menentukan lagi fokus dan program apa untuk dikerjasamakan dalam waktu dekat.” tuturnya.

Sumastro menambahkan, harus ada program pertukaran SDM sebagai upaya peningkatan kapasitas agar ilmu dan cara kerja di Rumah Sakit Normah dapat diadopsikan di RSUD Abdul Aziz.

“Kalau bisa memang ada pertukaran SDM untuk mengadopsi ilmu dan cara kerja di sana. Terlebih akreditasinya sudah internasional, agar masyarakat semakin percaya dengan kualitas SDM di tempat kita.” harapnya.

Senada dengan hal yang sama, Direktur RSUD Abdul Aziz dr. Achmad Hardin mengatakan terdapat beberapa penjajakan kerja sama yang diharapkan dapat terjalin antar keduanya salah satunya adalah kesempatan bagi SDM tenaga kesehatan di Singkawang untuk melakukan penelitian dan pengembangan ataupun bekerja di Rumah Sakit Normah.

“Penjajakan kerjasama selanjutnya adalah Hibah Alat Kesehatan dari Rumah Sakit Normah ke RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang serta terbukanya rujukan balik layanan kesehatan dari Singkawang ke Normah dan dari Normah ke Singkawang.” lanjutnya.

Hardin berharap, dari kunjungan balasan ini dapat dihasilkan kesepakatan kerja sama. Ia melanjutkan, Kota Singkawang juga membuka diri bagi SDM Rumah Sakit Normah yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan kesehatan di Singkawang mengingat pasien untuk sampel penelitian tersedia cukup banyak.

“Kalau memang dibutuhkan mungkin SDM kita bisa juga untuk bekerja di sana, apalagi biaya untuk kesana lebih murah dibanding ke pulau jawa. Tentu itu yang kita harapkan sebagai upaya peningkatan dalam hal pelayanan dan pengembangan rumah sakit.” tutupnya.

Read Previous

Bupati Satono Resmikan Sumur Bor Non APBD Ke-14 di Desa Sari Laba A

Read Next

Dorong Potensi PAD dari Pontianak Tenggara