• Rabu, 21 Februari 2024. Jam: 05:16

Penjabat (Pj) Bupati KKU Lihat Infrastruktur Dusun Pancur Tanjung Nibung

Kayong Utara, Kalbar – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan tim teknis melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pulau Maya untuk melihat langsung kondisi Infrastruktur dasar di Dusun Pancur Tanjung Nibung, Desa Dusun Kecil, Sabtu (2/12).

Kunjungan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dengan warga setempat, sekaligus merespon laporan kejadian beberapa hari lalu yang menyangkut pelayanan kesehatan yang menjadi hak masyarakat yang belum optimal.

Dalam pertemuan dengan masyarakat, Romi Wijaya menyampaikan maksud kunjungannya yang didasari keinginan untuk lebih dekat dengan bapak dan ibu warga.

“Saya hadir karena sejak dilantik menjadi Penjabat Bupati, belum pernah kesini, dan hari libur ini kami sempatkan untuk bersilaturahmi,” ujarnya.

Selain itu, Romi Wijaya juga menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang tidak semestinya terjadi yang melibatkan hak-hak warga.

“Kunjungan ini sebagai wujud permohonan maaf dari pemerintah daerah kepada masyarakat. Kami menyadari bahwa pelayanan kesehatan saat ini belum maksimal, dan kami berkomitmen untuk memperbaiki hal ini,” tambahnya.

Dalam pengecekan kondisi riil di lapangan, Romi Wijaya bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau fasilitas kesehatan Puskesdes serta sekolah. Meskipun fasilitas sekolah dinilai belum memadai, Romi Wijaya berpesan agar masyarakat tetap menjaga dan merawatnya.

“Meskipun belum ideal, namun kondisi ini sudah lebih baik dibandingkan beberapa daerah lain. Mohon bapak ibu untuk menjaga dan merawat fasilitas ini,” ungkapnya.

Terkait keluhan kurangnya tenaga kesehatan di poskesdes, Romi Wijaya memastikan bahwa perbaikan akan segera dilakukan. “Sudah kita koordinasikan dengan pihak desa dan kesehatan, dalam waktu dekat poskesdes akan diperbaiki. Sementara itu, mohon bantuan bapak ibu untuk memfasilitasi tempat tinggal sementara untuk tenaga kesehatan yang kami tugaskan agar dapat standby sambil menunggu perbaikan puskesdes,” jelasnya.

Romi Wijaya juga memberikan pesan kepada warga masyarakat, tenaga kesehatan dan guru di wilayah tersebut.

“Mohon kerjasama agar hal-hal kecil tidak dibesar-besarkan. Selesaikan dengan musyawarah sesuai adat istiadat kita. Mereka adalah sahabat kita yang membantu dalam pendidikan anak-anak dan kesehatan kita,” tutup Romi Wijaya.

Dalam kunjungan ini, Romi Wijaya juga memperkenalkan Plt Kepala Dinas Kesehatan yang telah diarahkan untuk mengatur tenaga kesehatan di Dusun Pancur Tanjung Nibung. Tenaga kesehatan di dusun ini berada di bawah jejaring Puskesmas Dusun Besar Kecamatan Pulau Maya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara Iwan Dwi Purnomo menyampaikan peninjauan Poskesdes yang rusak, rencana akan diperbaiki dengan anggaran dari Desa Dusun Kecil sesuai kewenangan di tahun 2024.

Kendati begitu, Iwan juga menambahkan sementara akan dikirim petugas dari Puskesmas Dusun Besar ke Dusun Pancur dengan mekanisme aplusan petugas dengan menumpang di rumah Kepala Dusun.

“Peninjauan poskesdes yang rusak, rencana akan diperbaiki dengan anggaran dari desa dusun kecil sesuai kewenangan di tahun 2024, Dinas Kesehatan akan menugaskan petugas untuk menempati nantinya. Pada saat poskesdes belum bisa ditempati, sementara akan dikirim petugas dari Puskesmas Dusun Besar ke Dusun Pancur dengan mekanisme aplusan petugas dengan menumpang di rumah Kepala Dusun,” jelas Iwan. (Prokopim)

Read Previous

Pemkot Serahkan 10 Kilogram Beras kepada 2200 KK

Read Next

Pj Bupati KKU Salurkan Bantuan ke Warga Dusun Pancur Tanjung Nibung