• Minggu, 14 April 2024. Jam: 09:01

Pentingnya Pengendalian Penduduk dan Pencegahan Stunting

Sukadana – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyampaikan berdasarkan data yang dilihat dari kelompok umur maka Kayong Utara tidak lama lagi menikmati bonus demografi. Dimana bonus demografi merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan penduduk pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun.

“Bonus demografi dikaitkan dengan munculnya suatu kesempatan yang disebut dengan jendela peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Bupati Citra saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Dan Keluarga Sejahtera Se-Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, di Mahkota Hotel, Sukadana, Kamis (15/6/2023).

“Bonus demografi dapat bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, bonus demografi yang dimanfaatkan dengan optimal akan mengurangi kemiskinan dengan signifikan,” tambah Citra.

Kendati begitu, melimpahnya penduduk bisa menciptakan kondisi yang buruk jika tidak dikelola dengan baik karena di usia kerja yang tidak memiliki keahlian dan keterampilan dapat meningkatkan tingkat pengangguran, tingkat kriminalitas, tingkat kemiskinan, dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

“Ini akan berdampak pula pada stunting, keterbatasan ekonomi membuat masyarakat tidak sanggup memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang,” ucap Citra.

Untuk itu, Bupati Citra berharap dengan pelaksanaan Rakor ini, dapat meningkatkan peran serta semua sektor dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dalam meringankan beban keluarga  sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan potensi dan keaanekaragaman daerah.

“Begitupun dengan masalah pencegahan stunting, saya menghimbau semua pihak terkait agar dapat membantu mensukseskan program bangga kencana demi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kayong Utara khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya,” tutup Citra.

(Demmy/Prokopim)

Read Previous

Tingkatkan Gizi Anak, Dinsos Salurkan Paket Bantuan di Lokus Stunting

Read Next

Tutup Festival Budaya di GOR Uncak Kapuas