• Sabtu, 13 Juli 2024. Jam: 20:55

Peringati Haornas, Edi Harap Event Olahraga Terus Diselenggarakan

Pontianak, Kalbar  – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama lebih dari 700 orang mengikuti senam massal yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bekerjasama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Pontianak di halaman depan Kantor Wali Kota, Jalan Rahadi Usman, Minggu (11/9) pagi. Selain senam massal, atraksi barongsai, airsoftgun, parade sepeda onthel dan penampilan lainnya turut mewarnai peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022 di Kota Pontianak. Penetapan Haornas juga tidak terlepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948 silam.

Edi Kamtono mengatakan, momentum Haornas memberikan semangat bagi seluruh masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup dengan semboyan ‘Tiada Hari Tanpa Olahraga’. Banyaknya event olahraga yang kerap diselenggarakan di Pontianak, menjadikan kota ini dikenal sebagai sport city. Oleh sebab itu, sebagai kota olahraga, Pemkot Pontianak dalam hal ini terus berupaya melengkapi berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang serta mendukung masyarakat dalam melakukan aktivitas olahraganya.

“Sehingga Pontianak lebih dikenal dengan potensi sarana olahraganya yang bisa memperkenalkan kota kita ke seluruh dunia lewat cabang olahraga,” ungkap dia.

Pada peringatan Haornas tahun ini, ia mengapresiasi KONI dan KORMI yang turut aktif berperan mengolahragakan masyarakat, termasuk kaum ibu-ibu yang dinilainya tak kalah aktifnya dalam berolahraga. Dengan berolahraga, maka tubuh lebih terjaga, sehat dan mengasah kecerdasan otak.

“Olahraga juga menjadikan seseorang lebih produktif meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Edi berpesan kepada seluruh warga supaya tetap semangat berolahraga. Menurut Edi, berolahraga menjadikan tubuh lebih sehat dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kemudian, untuk atlet-atlet berprestasi, ia mengucapkan selamat dan berharap Pontianak terus berprestasi di bidang olahraga, tidak hanya di tingkat kota atau provinsi, tetapi juga nasional bahkan internasional.

“Saya mengucapkan selamat Hari Olahraga Nasional, tetap sehat, kuat dan produktif,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Aswin Djafar menjelaskan, pada peringatan Haornas tahun ini pihaknya bekerjasama dengan KORMI Kota Pontianak dengan menggelar senam massal yang melibatkan peserta lebih dari 700 orang.

“Hari ini kami akan menampilkan atraksi  beberapa induk olahraga (inorga) yang dibina oleh KORMI Kota Pontianak, antara lain atraksi barongsai, atraksi dari Airsoft Brotherhood Unity, Senam Tera Indonesia dan Perkumpulan Senam Massal Indonesia,” jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa peringatan Haornas tahun ini mengusung tema ‘Bersama Cetak Juara’. Peringatan Haornas kali ini merupakan peringatan pertama pasca pandemi Covid-19 setelah hampir dua tahun lamanya vakum tidak menggelar aktivitas olahraga massal di lapangan terbuka seperti saat ini.

“Oleh karena itu, peringatan Haornas tahun ini kami mulai menggelarnya secara massal dengan melibatkan banyak masyarakat,” imbuhnya.

Ketua KORMI Kota Pontianak, Rusdi melanjutkan, apabila KONI memprioritaskan bidang pada pembinaan atlet, pihaknya lebih fokus untuk membentuk karakter warga agar senang dan terbiasa berolahraga. Sementara waktu sudah terdapat 26 inorga secara nasional yang dimiliki KORMI, sedangkan di Kota Pontianak, pihaknya sedang mengupayakan sebanyak 16 inorga sedang dalam tahap administrasi.

“Di semua kecamatan dan kelurahan dan lini perumahan, KORMI sudah aktif. Sampai di mal juga setiap Sabtu dan Minggu ada yang aktif. Alhamdulillah PORNAS, Kontingen Kalbar telah menyumbangkan 16 medali emas dan 8 medali disumbangkan Kota Pontianak,” papar dia.

Nanang Setia Budi, Ketua KONI Kota Pontianak menuturkan, peringatan HAORNAS 2022 yang jatuh setiap tanggal 9 September dan dalam rangka persiapan PON tahun 2023, jadi pemacu pihaknya untuk terus membina atlet muda Kota Pontianak.

“KONI adalah bagian dari pecinta olahraga, kami memang fokus kepada atlet dari 56 cabang olahraga. Kota Pontianak ada 43 cabor, yang Insyaallah bulan November akan diadakan Pekan Olahraga Nasional untuk wilayah Kalbar dalam persiapan PRAPON dan PON tahun 2024,” pungkasnya.

Read Previous

Rayakan HUT RI, Malam Pesta Rakyat Sukses Digelar

Read Next

Dewan Minta Pemkab Urus Lampu Jalan