• Senin, 15 April 2024. Jam: 17:32

Pj. Bupati Sanggau Pimpin Langsung Kerja Bakti Jum’at Bersih

Sanggau, Kalbar – Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan serta persiapan Kabupaten Sanggau menjadi tuan rumah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Kalimantan Barat, pada hari ini jum’at (23/02) Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan kerja bakti Jum’at Bersih bersama yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman. Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain beberapa Kepala Perangkat Daerah, Camat Kapuas, Danramil, Kapolsek, Para Lurah di Kecamatan Kapuas, Ketua RT dan Masyarakat di Kelurahan Beringin.

Dalam amanat apel bersama sebelum kegiatan kerja bakti ini, Pj. Bupati Sanggau menyampaikan “ Kegiatan Jumat bersih dalam rangka PHBS, dengan kerja bakti ini budaya gotong royong di masyarakat dapat kita hidupkan. Harus ada edukasi dari kita untuk perilaku hidup sehat, karena itu kita harus memberikan contoh kepada masyarakat,” ungkap Pj Bupati Sanggau Suherman. “ Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat sehingga dengan PHBS dapat mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan, PHBS juga sangat identik dengan kehidupan pribadi. Untuk mendukung hal tersebut mesti dilakukan edukasi mulai dari diri sendiri dan juga secara bersama-sama berkolaborasi dari segala unsur baik dari Pemerintah Daerah maupun masyarakat itu sendiri”. Kebersihan lingkungan harus kita jaga dan dimanapun pun kita harus menerapkan pola hidup bersih. Setiap waktu kita harus mengedukasi diri sendiri maupun masyarakat,” Sambung Pj. Bupati Sanggau.

Sementara itu Camat Kapuas L. Yoka menambahkan “pelaksanaan kegiatan kerja bakti pada hari ini dibagi di 2 lokasi yaitu di pasar senggol dan sekitarnya serta di kompleks pasar seroja, jarai dan sekitarnya.” kata Camat Kapuas. “kegiatan kerja bakti hari ini difokuskan pembersihan parit dan drainase yang menyumbat karena banyaknya sampah yang dikawatirkan dapat menimbulkan banjir, pembersihan sampah di jalan-jalan atau sampah yang dibuang oleh pedagang maupun masyarakat” Sambung Camat Kapuas.

Dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau sendiri dalam kegiatan ini juga menerjunkan petugas dan staf yang ada yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Agus Sukanto, S.Hut turut hadir juga Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kabid PSLB3 dan Kabid RTH dan Kehati.

Disela-sela kegiatan ini Kabid RTH dan Kehati Herlina Matana Pasinggi, ST mengharapkan kepada seluruh   kepada seluruh masyarakat di Kota Sanggau agar dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan seperti ke parit dan selokan yang dapat menyebatkan penyumbatan sehingga terjadi genangan air, dengan menjaga kebersihan kota sanggau dapat terjaga kebersihan dan keindahannya” tutup Herlina Matanapasinggi, ST.

Read Previous

Pemkot Singkawang Buka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Read Next

PJ Bupati Sanggau Pimpin Jumat Bersih Di Beberapa Pasar Kota Sanggau