• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 08:24

Sambut Harkitnas, Pemkot Singkawang Akan Gelar SICITA 

Singkawang, Kalbar – Dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA) secara massal, Jumat, (20/5) mendatang.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat memimpin rapat persiapan mengatakan, kegiatan ini rencananya akan dipusatkan di areal Station Kridasana dengan estimasi peserta senam sebanyak 35 ribu orang.

“Kegiatan SICITA akan berpusat di wilayah Stadion Kridasana dan sekitarnya yang melibatkan seluruh instansi di Kota Singkawang. Diestimasikan untuk yang mengikuti senam berjumlah 27.307 orang. Nanti yang ikut ada diantaranya para murid SD hingga perguruan tinggi, ASN Kecamatan dan Kelurahan, Puskesmas, dan sebagainya,” ujarnya, Selasa (10/5).

Ia menambahkan, bahwa untuk yang lokasinya jauh dari tempat yang diagendakan, mereka akan melaksanakan di tempat masing-masing. “Jadi, kita harapkan bisa mencapai kira-kira 35.000 peserta yang turut berpartisipasi pada kegiatan SICITA ini,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, bahwa belum dapat memberikan kepastian kegiatan SICITA ini, ke depannya akan menjadi agenda tahunan dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Namun, tidak memungkiri adanya kemungkinan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya dengan melihat antusiasme dari masyarakat yang turut berpartisipasi.

“Bisa saja kegiatan seperti ini menjadi agenda tahunan, khususnya di dinas pendidikan yang merupakan penggagas dimana diharapkan kegiatan ini bisa memberikan suatu dorongan semangat dan motivasi bagi anak didik. Supaya mereka lebih antusias dalam mencintai Tanah Air melalui pelaksanaan senam massal ini karena sebelum pandemi ada kegiatan senam pagi yang diikuti seluruh anak di sekolah,” tuturnya.

Demi mendukung kelangsungan acara, Ia menambahkan, nantinya para peserta diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Selain itu, petugas keamanan dan kesehatan juga dikerahkan sebagai langkah antisipasi.

“Sejauh ini memang tidak ada lagi informasi tentang lonjakan kasus penyebaran Covid dan catatan kasus mengenai hepatitis akut juga belum ada di Kota Singkawang, tetapi kita jangan sampai lengah dan tetap terapkan protokol kesehatan. Maka dari itu, kami akan persiapkan segala bentuk keamanan seperti petugas keamanan, posko kesehatan dan lainnya di beberapa tempat supaya kita bisa tenang dan nyaman melangsungkan acara ini,” pungkasnya.

Read Previous

FGD Edukasi dan Literasi Inklusi Keuangan Fokuskan Bagi Mahasiswa

Read Next

Pemkab Sintang Gelar Makan Saprahan