• Jumat, 27 November 2020. Jam: 21:07

Sayan Diterjang Longsor, Sokan Dilanda Banjir

Longsor di Kabupaten Melawi menyebabkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Melawi (Rakyat Borneo) – Sejumlah desa di Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi diterjang tanah longsor. Hujan  deras yang mengguyur Kabupaten Melawi beberapa hari ini juga mengakibatkan beberapa desa di Kecamatan Sokan dan Kota Baru dilanda banjir.

Kamis (9/7), beberapa desa di Kecamatan Sayan yakni Desa Siling Permai, Nanga Sayan, Sayan Jaya dan Lingkar Indah diterjang tanah longsor. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tapi ada sembilan rumah warga tertimbun longsor,” ungkap Abdul Hadi, tokoh masyarakat setempat.

Di Desa Lingkar Indah, longsor mengakibatkan sebagian jalan Provinsi Sayan – Kota Baru tertimbun tanah dan longsor sekitar 30 meter. Di Desa Siling Permai, longsor terjadi di pinggir jalan, sedangkan di Desa Nanga Sayan, tanah longsor menyebabkan enam keluarga mengalami kerugian karena rumahnya tertimpa longsoran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi, Gusti Syafarudin mengatakan, tanah longsor terjadi pada Rabu (8/7) pukul 20.00. Dikatakan dia, ada satu kepala keluarga yang terpaksa harus mengungsi karena rumahnya rusak sedang.

“TRC BPBD Kabupaten Melawi di lokasi untuk kaji cepat,” kata dia.

Sementara, di Kecamatan Sokan, hujan deras mengakibatkan air Sungai Pinoh meluap dan menggenangi perumahan penduduk. Banjir di Kecamatan Sokan mencapai ketinggian 2 meter. Sebanyak lima desa yakni Desa Nanga Potai, Desa Sepakat, Desa Nanga Sokan, Desa Muara Tanjung dan Desa Tanjung Sokan yang tergenang banjir. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor dan banjir yang di Kabupaten Melawi.

Banjir juga menggenangi Kecamatan Kota Baru, khususnya Desa Batu Begigi, Desa Suka Maju, Desa Loka Jaya dan Desa Mungkin Ombak. “Di Kecamatan Kota Baru, ketinggian air mencapai 1 meter,” kata Paur Humas Polres Melawi, Bripka Arbain. (dea/tantra)

Komentar

Read Previous

Sektor Pajak PAD Kota Pontianak Menurun

Read Next

Gelar Sunatan Massal Gratis