• Minggu, 3 Desember 2023. Jam: 00:48

Bukit Rentap Punya Air Terjun Nan Indah

Sintang, Kalbar – Kabupaten Sintang memiliki banyak sekali objek wisata alam. Lanskap wilayah Kabupaten Sintang, yang sebagian besar merupakan daerah perbukitan, menjadi aksesoris pemanis daerah ini. Selain Bukit Kelam, yang menjadi kebanggaan masyarakat Sintang, masih banyak bukit-bukit lain yang menggoda untuk dijelajahi di Sintang. Salah satunya Bukit Rentap. Bukit ini terletak tidak jauh dari Bukit Kelam. Tepatnya, di Desa Baning Panjang, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Di Bukit Rentap, selain disuguhkan pemandangan perbukitan yang indah, pengunjung juga bisa menikmati segarnya Air Terjun Bukit Rentap, yang tak jauh dari lokasi pemanjatan. Air Terjun Bukit Rentap bisa menjadi spot untuk bersantai para pendaki setelah melakukan pendakian atau sebelum mendaki.

“Suasana di bawah air terjun Bukit Rentap memang begitu adem. Kita akan betah di sana. Apalagi kitab isa melihat gagahnya panorama Bukit Rentap yang menjadi sajian utama di tempat wisata ini,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, Rabu (5/10).

Dikatakan Hendrika, air terjunnya sangat jernih, dengan guyuran air yang tidak begitu deras, membuat kamu seperti menggunakan shower alami. Meski tidak memiliki kolam di bawah air terjun, namun tetap saja kubangan yang ada di aliran airnya tetap bisa kamu gunakan untuk berendam. Untuk sampai di air terjun Bukit Rentap, pengunjung harus menyusuri hutan di kaki bukit. Air Terjun Bukit Rentap menjadi sumber air bersih bagi warga yang hidup di sekitarnya. Tak heran, kondisi air terjun tanpa nama ini sangatlah jernih dan segar. Selain bisa menikmati segarnya air terjun, bagi pecinta panjat tebing, Bukit Rentap juga memiliki spot untuk memacu adrenalin. “Di Bukit Rentap terbentang tebing dengan ketinggian variatif 50-100 meter dari permukaan tanah (mdpt),” kata dia.

Spot tebing yang hampir mengitari seluruh badan Bukit Rentap ini, dapat dipanjat menggunakan teknik Artificial Climbing. Lokasinya terletak di Desa baning Panjang, Kecamatan Dedai. Letaknya sekitar satu jam dari Kota Sintang. Untuk menuju ke lokasi Bukit Rentap, dibutuhkan waktu tempuh 2-3 jam perjalanan menggunakan transportasi darat. Perjalanan dapat dimulai dari Kota Sintang menuju lokasi taman wisata alam Bukit Kelam. Setelah itu menuju Dusun Baning Baru, Kecamatan Dedai.

Read Previous

Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Digelar Sukses

Read Next

Perumdam Tirta Melawi Terus Berinovasi Berikan Pelayanan Masyarakat