• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 17:07

Sintang Miliki Banyak Destinasi Wisata

Sintang, Kalbar – Kabupaten Sintang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalbar yang memiliki banyak sekali destinasi wisata, baik itu destinasi wisata alam, destinasi wisata budaya maupun destinasi wisata sejarah.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sintang, Hendrika mengatakan terdapat puluhan destinasi wisata di Kabupaten Sintang. Namun, belum semua destinasi wisata yang ada, dikelola dengan baik karena keterbatasan anggaran. “Kabupaten Sintang memiliki beragam destinasi wisata. Untuk destinasi wisata alam, Kabupaten Sintang memiliki banyak destinasi wisata gunung, bukit dan destinasi air terjun serta danau,” kata Hendrika.

Berbagai destinasi wisata yang ada tersebut, kata Hendrika, letaknya cukup jauh dari Kota Sintang dan medan yang dilalui untuk sampai ke destinasi wisata ini, medan yang harus dilalui cukup menyulitkan. Namun demikian, Hendrika mengatakan, ada juga destinasi wisata yang berada di sekitar Kota Sintang yang bisa dinikmati para wisatawan. “Ada lima destinasi wisata yang berada di sekitar Kota Sintang. Seperti destinasi wisata Gunung Kelam, Keraton Dara Juanti, Hutan Wisata Baning, Museum Kapuas Rata dan Rumah Betang Ensaid Panjang. Kita juga telah memiliki destinasi wisata rumah betang di Jerora 1,” katanya, Senin (3/10). 

Banyaknya destinasi wisata yang sangat menarik di Kabupaten Sintang sebenarnya menjadi peluang bagi para investor untuk mengelola destinasi wisata tersebut. Karena itu, Hendrika berharap ada investor yang bisa menanamkan modalnya berkaitan dengan perhotelan, rumah makan dan pengelolaan kawasan wisata yang ada di Kabupaten Sintang. Selain destinasi wisata yang menjadi pesona keindahan Kabupaten Sintang, ada banyak destinasi wisata budaya yang sangat luar biasa.

Hendrika mencontohkan destinasi wisata Gunung Kelam yang sangat indah. Di Gunung Kelam terdapat banyak sekali spot – spot swafoto yang bisa dinikmati para wisatawan. Di Gunung Kelam juga terdapat air terjun yang bisa dinikmati keindahannya.

Selain air terjun, di Gunung Kelam juga terdapat wisata rohani terutama bagi umat Kristiani dan juga Katolik. Karena di kawasan wisata Gunung Kelam terdapat Goa Maria dan juga Patung Sejarah Yesus. Tempat wisata di Kalimantan Barat yang ikonik ini terletak di wilayah Kecamatan Kelam Permai.

Read Previous

Polres Gelar Operasi Zebra Kapuas Selama 14 Hari

Read Next

KPU Singkawang Beberkan Data Pemilih Sebanyak 24.154