• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 06:31

Sekda Ketapang  Hadiri  Tradisi Adat Bejujokg

Ketapang, Kalbar -Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo yang juga Patih jaga Pati Kerajaan Hulu Aik menghadiri Acara Adat Bejujokng atau Syukuran atas datangnya Musim Panen Padi Desa Gemma Dusun Gerai Kecamatan Simpan Dua Tahun 2022, Kamis, (17/3).

Ia  mengatakan,  bahwa Pemda Ketapang sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap kebudayaan dan tradisi yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Hari ini kita bisa hadir menghadiri acara Adat Bejujokng ini sebagai ungkapan syukur kita terhadap panen yang pada tahun ini luar biasa melimpah,” ujarnya.

Selanjutnya,dia menyampaikan, rasa senangnya karena  bisa hadir menyaksikan dan menghadiri langsung pada acara adat Bejujokng di Dusun Gerai. “Saya sudah lama ingin hadiri acara ini dan saya senang sekali lagi karena adat budaya tradisi kita masih kita rawat, masih kita jaga sampai hari ini,” ungkap.

Ia berpesan, kepada Kades, Camat dan Masyarakat setempat agar tradisi Bejujokng ini jangan sampai hilang. “Kepada pak Kades, Camat dan seluruh orang tua semua agar tradisi Bejujokng ini jangan sampai hilang,” ucapnya.

Sekda mengatakan, bahwa sudah mengusulkan untuk pusat pengembangan budaya dan adat tradisi di Kecamatan Simpang Dua akan dipusat kan di Desa Gemma Dusun Gerai. “Saya sudah mengusulkan dan sebagian sudah kita tetapkan bahwa untuk pusat pengembangan budaya dan adat tradisi Kecamatan Simpang Dua ini nanti akan dipusatkan di Desa gemma,” tuturnya.

Selain itu, ia uga berharap agar tradisi Bejujokng ini tahun depan agar tetap terus diadakan.

“Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan , saya minta untuk tahun depan agar dialokasikan anggaran fasilitasi untuk acara adat Bejujokng ini,” pungkas Alexander.

Read Previous

Wali Kota Singkawang Minta Pelayanan MPP Dioptimalkan

Read Next

Turnamen Bola Voli Kelurahan Sungai Sengkuang Resmi Dibuka