• Senin, 23 November 2020. Jam: 21:50

Siapkan Diri Hadapi Bencana

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengecek Kesiapsiagaan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana untuk Mengantisipasi Bencana Alam.

Sukadana (Rakyat Borneo) – Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengimbau seluruh pihak untuk dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Kita tidak menghendaki terjadinya bencana alam, apalagi sampai menelan korban jiwa, sehingga kita perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut. Seperti  mempersiapkan petugas maupun peralatan, yang siap diterjunkan sewaktu-waktu untuk menangani bencana alam,” kata Citra, dalam amanatnya yang disampaikan pada upacara Kesiapsiagaan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana untuk Mengantisipasi Bencana Alam, di Halaman Mapolres Kayong Utara, Jumat (6/11).

Citra menuturkan, upacara yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengecek sarana dan prasarana serta kesiapan personel dalam menghadapi penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Kayong Utara. Karena menurutnya, dengan dilaksanakan upacara tersebut, diharapkan personel yang terlibat dalam Satgas Siaga Bencana, menjadi personel yang dapat digerakkan sewaktu-waktu pada saat bencana alam.

“Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Kayong Utara, bencana alam yang sering kita alami adalah banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. Jumlah curah hujan yang cenderung meningkat pada akhir tahun, kondisi banjir rob yang terjadi setiap tahun di tambah prediksi akan adanya badai la nina, membutuhkan perhatian khusus dari Pemerintah Daerah dan Aparat TNI/Polri, guna membantu proses evakuasi serta pendistribusian bantuan secara cepat dan tanggap,” jelas Citra.

Citra berpesan seluruh satuan tugas untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas. Melakukan konsolidasi, sebagai alat kontrol baik terhadap keadaan petugas maupun peralatan yang akan dipakai dalam pelaksanaan tugas, serta peralatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan tugas.

“Selain itu, kita tetap harus memelihara semangat kesiagaan yang telah dicapai dan memegang teguh profesionalisme baik secara perorangan maupun secara kelompok,” tambah Citra.

Upacara Kesiapsiagaan ini dihadiri oleh satuan tugas yang terdiri dari aparatur TNI/Polri, BPBD dan Unsur Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

Dalam upacara tersebut, Bupati Citra menyerahkan Piagam penghargaan pada tiga anggota Polres Kayong Utara yang telah berhasil mengungkap kasus pembuhan di Kecamatan Simpang Hilir, baru-baru ini. (Djie/PROKOPIM/editor : tantra nur andi)

Komentar

Read Previous

DPP PDKS DiKukuhkan, Paoulus Hadi : Mari Semangat Membangun Daerah

Read Next

Bupati Bantu Korban Banjir di Satai

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *