• Minggu, 16 Juni 2024. Jam: 14:31

Singkawang Jadi Tuan Rumah Rakor MKKS SMK Se- Kalbar

Singkawang, Kalbar  – Pj. Wali Kota Singkawang memberikan membuka secara resmi Rakor Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se Kalimantan Barat ke 5 di Hotel Mahkota Singkawang, Kamis (9/3) malam.

Acara yang digagas oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat ini dilaksanakan dari tanggal 9 – 11 Maret 2023. Mengusung tema “Bersama Membangun SMK Kalbar Hebat”, rakor diikuti oleh 208 Kepala Sekolah SMK se Kalimantan Barat.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan siswa siswi SMK adalah sebuah bonus demografi untuk Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya menganggap hal tersebut akan menjadi sebuah tantangan besar bagi bangsa Indonesia dalam mengolah dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada dalam diri siswa- siswi SMK.

Ia menegaskan khususnya para Kepala Sekolah SMK yang hadir, agar lebih memaksimalkan perannya dalam mengembangkan suatu konsep pemikiran dan rencana yang benar- benar realistis dalam memanfaatkan bonus demografi tersebut.

“Siswa – siswi SMK adalah sebuah bonus demografi bagi Indonesia. Dan hal itu merupakan sebuah tantangan besar bagi kita untuk mengolah dan memanfaatkan setiap potensi yang ada dalam diri mereka,” katanya.

“Kepala Sekolah SMK yang hadir di sini, harus bisa lebih memaksimalkan perannya dalam mengembangkan sebuah konsep pemikiran dan rencana yang realistis dalam memanfaatkan bonus demografi ini,” tegas Sumastro.

Dia mengaku bangga dan bahagia melihat antusias para peserta menghadiri acara tersebut. Menurutnya Rakor ini adalah rakor terhebat yang pernah ada di Kota Singkawang.

“Saya bahagia sekaligus bangga melihat antusias peserta untuk hadir di kegiatan ini. Rakor ini adalah rakor terhebat yang pernah ada di Kota Singkawang,” ujarnya.

Sumastro menyebut, SMK adalah sebuah solusi untuk pengembangan SDM dalam hal penyediaan tenaga kerja dan kewirausahaan. Menurutnya, ketika anak muda diberi ruang dan kesempatan untuk berkarya, mereka akan bisa menghasilkan sebuah karya diluar dugaan. Dan remaja adalah aset negara yang negara titipkan kepada para Kepala Sekolah SMK.

“SMK adalah solusi bagi pengembangan SDM dalam hal penyediaan tenaga kerja dan kewirausahaan,” sebutnya.

“Ketika anak muda kita beri ruang dan kesempatan untuk berkarya, mereka akan menghasilkan karya diluar dugaan kita. Remaja adalah aset negara, yang negara titipkan kepada bapak/ibu Kepala Sekolah SMK,” tambahnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta rakor agar meningkatkan sinergisitasnya bersama pemerintah, dalam memajukan SMK di Kalimantan Barat, karena Pemerintah adalah mitra bagi Kepala Sekolah SMK.

“Hadirin sekalian, marilah kita perkuat sinergisitas antara pihak Kepala Sekolah dan Pemerintah dalam memajukan SMK di Kalimantan Barat, karena Pemerintah adalah mitra bagi bapak/ibu sekalian,” pesannya.

“Semoga suasana Kota Singkawang, dapat menjadi pendorong semangat bapak/ibu dalam mengikuti rakor ini,” pungkasnya.

Rapat Koordinasi ini akan berlangsung selama tiga hari di tiga tempat berbeda. Hari pertama akan dilaksanakan di SMKN 4 Singkawang, lalu lanjut hari kedua di SMKN 1 Singkawang dan terakhir akan diselenggarakan di Pantai Palm Beach Kota Singkawang.

Read Previous

Pimpin Rapat Persiapan TPID Award, Ini Pesan Sekda Yustinus

Read Next

Desa Nanga Nyabau Lakukan Panen Raya Padi