• Jumat, 15 Oktober 2021. Jam: 00:20

Sudiyanto Dikenal Sebagai Sosok Sederhana yang Sangat Baik

Sintang, Kalbar – Wafatnya Wakil Bupati Sintang Sudiyanto pada Sabtu 18 September 2021 di RSCM Jakarta, menyisakan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, rekan kerja dan masyarakat Bumi Senentang.
Duka mendalam juga dirasakan Sekda Sintang Yosepha Hasnah yang bersahabat dengan Wakil Bupati Sintang Sudiyanto sejak Sekolah Dasar (SD).

“Bagi saya, beliau adalah sahabat dan rekan kerja yang sangat baik. Saya tahu betul dengan beliau karena pernah satu SD. Kemudian SMP sama-sama bersekolah di Panca Setya. Selanjutnya, sama-sama melanjutkan ke SMA Santo Paulus Pontianak,” ungkap Yosepha.

Sosok Sudiyanto, kata Yosepha, sangat care dengan temen-temannya. “Orangnya sangat care, perhatian betul dengan kawan-kawan. Jiwa sosialnya sangat tinggi,” katanya.
“Jadi dia bukan hanya senang membantu keluarga. Dia juga senang membanto orang lain. Suka membantu teman-teman kalau ada masalah. Baik itu dengan dukungan berupa saran bahkan meteriil. Jadi, beliau orangnya sangat baik,” katanya lagi.

Tak hanya itu, Yosepha juga mengingat sahabatnya sebagai orang yang sangat sederhana. “Orangnya sederhana sekali. Ini patut kita contoh dan teladani dari pemimpin yang berjiwa besar, sederhana dan bersosialisasi dengan siapa saja. Jadi, saya sangat kehilangan,” ucapnya.

Saat Wakil Bupati Sintang Sudiyanto sakit, Yosepha mengaku tidak mendapatkan info dari yang bersangkutan secara langsung. “Saya bahkan tahu beliau sakit setelah dirawat di RSUD Ade M Djoen. Saat itu saya telepon dan tanya kondisinya. Dia bilang, kondisinya baik dan sehat. Kemudian, karena tidak terlalu parah, beliau isoman di rumah dinas,” kata Yosepha.

“Saya pikir kondisinya hampir sembuh. Karena beberapa kali saya telepon soal kondisi kesehatan, beliau bilang sehat,” ucapnya.

Usmandy, Anggota DPRD Kalbar mengenang almarhum Wakil Bupati Sintang Sudiyanto sebagai sosok sederhana. Kesederhanaan putra asli dari Kecamatan Sepauk diakui Usmandy sangat berkesan bagi dirinya.
“Kenangan berkesan yang tak pernah dilupakan adalah kesederhanaan beliau sebagai pejabat publik. Itu patut menjadi teladan untuk kita semua,” kata Usmandy ketika ditemui Hi! Pontianak disela melayat ke rumah duka almarhum

Sudiyanto di Gang Efata, Kecamatan Sintang, Minggu 19 September 2021.
Tak hanya sederhana, pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Sintang menilai Sudiyanto adalah orang yang sangat baik dan bertanggung jawab.
“Dedikasi dan karyanya begitu banyak untuk Kabupaten Sintang sejak sebagai PNS maupun sebagai Wakil Bupati. Kita do’akan semoga beliau diberikan tempat yang terbaik di sisi Tuhan dan keluarga diberikan ketabahan,” ucapnya.

Usmandy mengaku sudah mengenal Sudiyanto cukup lama. Bahkan sebelum yang bersangkutan menjadi Camat Sepauk.
“Intensitas pertemuan memang cukup jarang. Saat saya menjadi anggota dewan kabupaten kita lumayan intensif komunikasi,” kata Usmandy.

Anggota dewan asal Kabupaten Sintang ini kemudian menceritakan komunikasi terakhir dengan almarhum Sudiyanto.
“Komunikasi terakhir dengan beliau sebelum berangkat berobat ke Pontianak dan Jakarta. Dalam komunikasi itu, beliau bilang akan menjalani perawatan. Setelah itu tidak ada komunikasi lagi,” ucapnya.
Usmandy sendiri ikut menyambut kedatangan jenazah Wabup Sudiyanto di Supadio Pontianak. Dia juga datang melayat bersama kader Golkar Kabupaten Sintang ke rumah duka.

Read Previous

Sakit Kanker Hati, Wakil Bupati Sintang Wafat

Read Next

HUT PMI Cabang Sanggau, Ini Pesan Wakil Bupati