• Rabu, 21 Februari 2024. Jam: 04:57

Uji Coba Laman Panda, Masyarakat Pontianak Sementara Dapat Akses CCTV

Pontianak, Kalbar – Masyarakat Kota Pontianak kini dapat mengakses CCTV di beberapa titik di Kota Pontianak lewat inovasi Pantau Daerah atau Panda yang dapat dibuka pada website panda.pontianak.go.id. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak Zulkarnain memaparkan, inovasi Panda merupakan hasil karya Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Diskominfo Kota Pontianak. Ia menerangkan, sementara tersedia 15 titik lokasi CCTV yang bisa diakses secara terbuka oleh warga.

“Harapannya dengan Panda ini, masyarakat bisa memantau aktivitas lalu lintas pada titik-titik tertentu   maupun aktivitas lainnya,” katanya, Senin (29/01).

Zulkarnain menjelaskan, untuk sementara penggunaan Panda sedang dalam tahap uji coba. Masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki seperti kualitas gambar, jaringan maupun jumlah CCTV.

“Kita terus menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang mengelola CCTV seperti dinas perhubungan dan lain sebagainya,” tuturnya.

Tak hanya mengakses, masyarakat juga dapat mengajukan permintaan rekaman CCTV untuk kepentingan penyelidikan sesuai dengan SOP. Untuk informasi lebih lanjut dapat membuka laman temandisko.pontianak.go.id.

“Ke depan, Panda ini bisa juga diakses lewat Aplikasi Jepin, apa bila semua terprogram dengan baik dengan dukungan sarana prasarana yang lengkap,” terangnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi Panda. Menurutnya, akses CCTV bagi masyarakat diperlukan atas beberapa alasan.

“Fungsinya bisa ditingkatkan lagi dengan menambah jumlah CCTV dan pengembangan jaringan,” ucapnya.

Inovasi yang dimiliki Pemkot Pontianak lewat Diskominfo Kota Pontianak ini sudah tersebar di lima kecamatan. Ke depan, Ani berharap manfaat akses CCTV kian dirasakan.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (kominfo)

Oleh: Gema Mahardhika

Read Previous

Tiba Dengan Pesawat Longitude, Menhub Tinjau Bandara Singkawang

Read Next

Pemkot Pontianak Gelar Operasi Pasar Murah di 6 Kecamatan, Catat Jadwalnya