• Rabu, 17 Juli 2024. Jam: 07:59

Upaya Menanggulangi Kemiskinan,  Pemkab  Gelar Rakor

Kubu Raya, Kalbar  – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan anggota tim dari lintas sektoral dan Perangkat Daerah. Rakor tersebut resmi dibuka oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten kubu Raya Yusran Anizam di Hotel Dangau Kubu Raya, Rabu (7/9).

Sekda menjelaskan, pihaknya mencoba menyerap dari lintas sektoral dan masing-masing Perangkat Daerah terkait permasalahan kemiskinan. “Terutama mendeteksi di masing-masing Perangkat Daerah untuk mengetahui sebabnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan,  pihaknya saat ini sedang menyempurnakan rancangan rencana aksi daerah, dengan target-target terkait penanggulangan kemiskinan. Menurutnya, dari diskusi yang dilakukan cukup banyak ide dan saran rencana aksi, yang dalam waktu dekat bisa dilakukan percepatan pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Kubu Raya.

“Terutama kemiskinan ekstrem. Ini harus cepat ditanggulangi,” ujarnya.

Ia mengatakan, terkait data dukung yang dilakukan di masing-masing Perangkat Daerah melalui mekanisme dan metode yang sudah ditentukan di masing- masing tim, nantinya akan dilakukan verifikasi dan penyatuan dengan basis data yang ada, yakni data geospasial. “Ini kita targetkan sampai akhir tahun bersama teman-teman tim data geospasial yang dikoordinir Bappedalitbang hingga 100 persen. Saat ini sudah 70 persen data geospasial kita sudah terinput,” ucapnya.

Dengan demikian, dikatakannya, masing-masing-masing Perangkat Daerah bisa melakukan verifikasi dan pemutakhiran data yang juga berdampak pada perumusan kebijakan langkah-langkah yang diambil dan implementasi di lapangan. Melalui langkah itu, dirinya berharap sasaran akan lebih tepat terutama pada program kegiatan. Sehingga lebih mempercepat lagi data-data penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kubu Raya.

“Termasuk menghadapi situasi sekarang, di mana ekonomi lagi terjadi turbulensi bahkan inflasi sudah kita rasakan. Beberapa komoditas sudah terjadi inflasi.  Mudah-mudahan dengan rakor ini bisa diambil langkah-langkah tepat untuk mengatasi kemiskinan,” harap dia.

Read Previous

Turnamen Sepak Bola Pemdes Cup Dibuka

Read Next

MTQ Tingkat Kabupaten Sanggau 80% Sudah Siap Dilaksanakan