• Selasa, 16 April 2024. Jam: 05:46

Kejari Sanggau Selamatkan Uang Negara Rp 1,2 Milyar Lebih, Ini Perkaranya

Sanggau, Kalbar – KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau, Kalbar, pada awal tahun 2024, sukses menyelamatkan keuangan negara, sebesar Rp Rp 1.248.884.000-, dari dua tindak pidana korupsi (tipikor).

Kepala Kejari Sanggau, Anton Rudiyanto melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Adi Rahmanto mengatakan uang tersebut bersumber dari dua perkara tipikor masing-masing penyimpangan dalam program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) KUD Sinar Mulia di Kecamatan Kapuas tahun 2019 -2020.

Lantas, perkara tipikor pengelolaan keuangan APBDesa Malenggang Kecamatan Sekayam tahun anggaran 2020-2022.

“Kita berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp. 1.248.884.000 dari dua perkara tipikor,” ujar Adi dalam keterangan tertulis, Kamis (29/02).

Menurut Adi, penyelamatan keuangan negara yang dilakukan oleh Kejari Sanggau tersebut berasal dari pembayaran uang pengganti maupun uang denda yang telah dibayarkan oleh terdakwa.

“Nah, karena ada penggantian ini, maka kerugian negara yang telah ditimbulkan dari perbuatan tindak korupsi tersebut berhasil dipulihkan. Dan untuk kemudian dapat dipergunakan bagi penyelengaraan pembangunan dan kepentingan masyarakat,” paparnya.

Adi menegaskan, hal ini terwujud karena komitmen yang kuat oleh Kejari Sanggau dalam penegakan hukum dan pemberantasan tipikor di Bumi Daranante (julukan Sanggau).

“Ini buah dari komitmen yang dari Kejari Sanggau, dalam menuntaskan perkara kasus korupsi,” tegasnya. (Sery Tayan)

Read Previous

Musrenbang Binjai Hulu: Usulan Jalan, Jembatan, dan Listrik Dominasi

Read Next

Kasi Pemerintahan Kecamatan Boyan Tanjung Menghadiri Kegiatan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan KPM BLT DD Desa Pemawan dan Monitoring Fisik Tahun 2023