• Jumat, 17 September 2021. Jam: 15:06

Wabup Nilai Literasi Digital Penting

Kayong Utara, Kalbar – Wakil Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Effendi Ahmad menilai pentingnya literasi digital dan informasi serta bertanggungjawab terhadap penggunaannya ketika melakukan interaksi dengan lingkungan sekitar.

“Begitu pula dalam kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.” kata Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad, ketika dalam penyampaian sebagai keynote speaker dalam webinar Gerakan Literasi Digital 2021, oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi, Jumat (3/7).

Menurut Effendi, pemanfaatan teknologi informasi harus dibarengi dengan memahami tentang literasi digital.

“Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Kemampuan untuk menggunakan teknologi harus bijak demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif,” kata dia.

Effendi menjelaskan literasi digital sendiri merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Menurutnya kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. dan jika ini sudah dipahami oleh masyarakat.

“Penerapan literasi digital dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi,” jelas Effendi.

Oleh karena itu, Effendi sangat mendukung sekali terlaksananya webinar yang digelar agar setiap orang, memiliki pemahaman yang sama dalam menggunakan teknologi informasi.

“Webinar ini menjadi sangat penting untuk dilakukan mengingat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan internet saat ini sudah semakin masif dan pentingnya peningkatan kemampuan dan pemahaman masyarakat dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan internet yang benar melalui implementasi Program Literasi Digital,” tutur Effendi.

Read Previous

Empat Pejabat Eselon 2 Dilantik, Ini Pesan Bupati Sintang

Read Next

Sidang Kasus Pengancaman SPBU Berlanjut, Tiga Terdakwa Dimintai Keterangan