• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 06:33

WKRI Sanggau Lakukan Kunjungan Ke Sintang

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah (Sekda)  Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah yang juga Dewan Pembina DPC Wanita Katolik Republik Indonesia Paroki Katedral Kristus Raja Sintang menghadiri silaturahmi DPC WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang dengan DPC WKRI Paroki Hati Kudus Yesus Sanggau di Betang Kabupaten Sintang pada Sabtu, (5/3). Hadir pada silaturahmi tersebut Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang yang juga Pastor Moderator WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang RD Florianus Abong, Suster dan Kepala Desa Jerora Satu.

Dewan Pembina DPC  WKRI Paroki Katedral Kristus Raja, Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan, terima kasih kepada WKRI Sanggau yang sudah membalas kunjungan ke WKRI Sintang.

“Betang tempat kita silaturahmi ini belum jadi. Tadi malam hujan sehingga halamannya tidak bisa kita lalui. Kami akan mengaspal halaman betang ini serta penataan yang lain. Saya bangga dengan keberadaan WKRI, karena sangat aktif di lingkungan masing-masing. WKRI menjadi andalan gereja dalam melakukan banyak kegiatan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, ketika ibu-ibu yang mengajak suami dan anak-anak dalam kehidupan gereja, pasti semua akan mengikuti. Ibu-ibu anggota WKRI harus menjadi panutan di masing-masing ranting.

“Pada kegiatan WKRI, saya selalu pesan soal penggunaan media sosial untuk sangat berhati-hati dan kalau bisa dibatasi khususnya kepada anak-anak. Ibu-ibu bisa membentengi anak-anak. Media sosial memiliki dampak positif dan negatif. Orangtua harus selalu waspada. Anak-anak yang bersama kita dan berada jauh karena sekolah atau kuliah,” katanya.

Ketua DPC WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang, Hendrika menngungkapkan, rasa bangga dan bahagia karena kedatangan saudari dari WKRI Sanggau.

“Selain silaturahmi ini, saya juga akan memperkenalkan tempat wisata dan gereja di Kabupaten Sintang kepada anggota WKRI Sanggau. Saya akan bawa ke Museum Kapuas Raya, Rumah Kopi Galeri Motor Bandong dan Gereja Katolik Paroki Kelam Dedai,” ucapnya.

Mas Kartini, Ketua DPC Wanita Katolik Republik Indonesia Paroki Hati Kudus Yesus Sanggau menyampaikan, pengurus dan anggota WKRI Paroki Hati Kudus Yesus Sanggau yang ikut sebanyak 70 orang termasuk Ibu Maria Rosni yang juga anggota DPRD Sanggau.

“Tuntutan organisasi WKRI bahwa setiap keuskupan harus menjadi DPD. Lalu di Keuskupan Sanggau merencanakan akan membentuk DPD secepatnya, persiapan kami sudah 80 persen. Sekadau juga akan bergabung. Hadir di Sintang saat ini adalah pengurus dan anggota kami. Kalau bukan karena pandemi, sebenarnya banyak yang mau ikut. Kami ke sini juga sudah ijin dengan Bupati Sanggau mengingat ini masih pandemi,” katanya.

Pastor Paroki Kristus Raja Katedral Sintang yang juga Pastor Moderator WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang RD, Florianus Abong menyampaikan, pada Peringatan Hari Komunikasi Sedunia Tahun 2020, Paus Fransiskus meluncurkan tema merajut cerita indah kita dengan semesta dalam rangka memberikan semangat dalam menghadapi pandemi.

“Gereja mendorong dilakukannya pertobatan ekologis atau merubah mentalitas kita dan mencintai alam semesta yang sudah rusak. Kita diajak untuk mencintai bumi dan alam kita. Kita semua dalam menghadapi berbagai cobaan dan pandemi, dituntut menjadi umat yang produktif dan aman covid-19,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa kunjungan saat ini adalah semangat persaudaraan memang harus terus dibangun. Kita hendaknya saling menguatkan satu sama lain. Kita pulihkan kehidupan ini dan tetap semangat karena Tuhan yang menyertai.

“WKRI harus terus berbuat membantu sesama. Saling menguatkan. Lakukan kunjungan ke kampung-kampung. Buat yang berarti bagi mereka. Saya berpesan agar anggota WKRI bisa aktif dan produktif. Jangan karena pandemi lalu lebih banyak nonton sinetron. Waktu bisa diisi dengan menanam sayur dan membersikan pekarangan rumah serta kegiatan lain yang produktif,” jelas Abong.

Ketua Panitia, Marsela menjelaskan, kunjungan pengurus dan anggota DPC WKRI Paroki Hati Kudus Yesus Sanggau melakukan kunjungan balasan ke WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang. Kunjungan ke Sanggau pada akhir Januari 2022 yang lalu. Pengurus dan anggota WKRI Paroki Katedral Kristus Raja Sintang yang hadir di Betang ini sebanyak kurang lebih 100 orang. Tema silturahmi hari ini adalah merajut cerita indah kita dengan semesta.

“Fondasi utama anggota WKRI adalah keluarga. Mari, kita bersama membangun cinta dalam keluarga masing-masing,” pungkasnya.

Read Previous

Arita Apolina Harap Kader Jadi Pelopor Perubahan

Read Next

Wabup Sekadau Hadiri Pemberkatan Patung Mgr. Hieronymus