• Sabtu, 5 Desember 2020. Jam: 21:18

Belum Ada Parpol Daftarkan Caleg 

Sintang, Kalbar – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang Divisi Teknis, Sutami mengatakan, belum ada partai politik yang mengajukan daftar caleg ke KPU Sintang sejak pendaftaran dibuka hingga saat ini, Rabu 11 Juli 2018. “Parpol yang mendaftar masih nihil. Pendaftaran dimulai sejak 4 Juli hingga 17 Juli mendatang,” katanya, kemarin.

Meski belum ada yang mendaftar, Sutami mengaku yang berkonsultasi ke KPU Sintang cukup banyak. Mengingat, banyak syarat yang harus dilampirkan bacaleg untuk pendaftaran. “Yang berkonsultasi lumayan ramai,” katanya.

Sampai saat ini, sambung Sutami, ada beberapa parpol yang sudah menyampaikan secara lisan bahwa mereka akan mendaftar pada tanggal-tanggal tertentu. Tentunya, setelah semua persyaratan dipenuhi semuanya oleh bacaleg parpolnya masing. “Ada parpol yang berencana mendaftar dalam waktu dekat ini. Sekitar tanggal 13, 14 dan 15 Juni. Saat ini parpol sedang melengkapi berkas persyaratan yang harus dipenuhi,” katanya.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sintang Anton Isdianto mengatakan, saat ini partai yang dipimpinnya sedang melengkapi berkas persyaratan untuk mendaftar ke KPU Sintang. “Mengingat calegnya cukup banyak, untuk melengkapi semua berkas persyaratan tentu memerlukan waktu. Saat ini kami sedang menyiapkannya. Jika semua syarat sudah lengkap, kami segera mendaftar ke KPU Sintang,” katanya.

Ia membeberkan, untuk berkas caleg Dapil 7 Sintang semua berkas persyaratan sudah lengkap. Namun, untuk Dapil lain masih ada yang harus dilengkapi berkasnya. “Yang sudah siap berkas calegnya baru sekitar 31 orang. Lainnya sedang melengkapi,: bebernya.

Terkait syarat pendaftaran caleg yang ditetapkan KPU, ia mengaku tidak banyak kesulitan untuk melengkapinya. “Hanya saja, karena yang mendaftar caleg sangat banyak dan parpolnya juga berbeda-beda, secara otomatis penyelesaikannya berkasnya jadi memakan waktu. Secara umum tidak ada yang susah, paling hanya urusan tes kejiwaan karena waktunya cuma dua hari,” katanya.

Pendapat sama disampaikan anggota DPRD Sintang, Razik. Dia mengatakan, para caleg yang akan maju dalam pileg, dari PPP masih sedang melengkapi berkas persyaratan. Dikatakan dia, cukup banyaknya berkas persyaratan yang harus dilampirkan membuat para caleg butuh waktu untuk memenuhinya. Dia yakin, parpol akan mendaftarkan calegnya pada akhir akhir masa pendaftaran.

 

Komentar

Read Previous

Petani Kurang Alat Pertanian

Read Next

Desak Bangun PLBN Sungai Kelik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *