• Senin, 24 Juni 2024. Jam: 00:02

Bupati Sintang Harap Kwarcab Terus Membina Generasi Muda

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga Ketua Majelis Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang membuka acara Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Sintang Tahun 2022 di Gedung Pusddiklatcab Gerakan Pramuka Sintang, Jalan Cadika Baning Sintang,  Minggu, (6/2).

Kegiatan tersebut dihadiri, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, Syarief Amin Muhammad yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Anggota Forkopimda Kabupaten Sintang, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang  Junaidi, Pengurus dan Anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno yang juga Ketua Majelis Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang menyampaikan, Kwarcab Sintang terus membina generasi muda supaya menjadi geneasi yang tangguh, mandiri, percaya diri dan tetap sebarkan solidaritas tanpa batas.

“Saya minta Kwarcab lebih giat lagi dalam melaksanakan kegiatan. Muscab ini baik untuk menyusun pengurus yang memiliki kematangan, pengalaman dan bisa berkomunikasi dengan semua pihak. Tantangan kedepan adalah pandemi covid-19 dengan dampak yang ditimbulkannya seperti ekonomi dan pemulihannya, soal lingkungan juga menjadi tantangan kita, karena kemarin sudah terjadi banjir besar,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, terus tebarkan semangat kebersamaan diantara masyarakat, terus Jaga lingkungan kita bersama-sama serta  masalah sosial lainnya juga harus diperhatikan. “Saya ingin aset Gedung Cadika ini dijaga karena satu-satunya di Kalbar, nanti akan saya bantu untuk memperbaiki kerusakan gedung ini,” tambahnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Barat yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Syarief Amin Muhammad menyampaikan, mengapresiasi kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Sintang.

“Kwarcab Sintang satu-satunya yang memiliki gedung sendiri. Muscab ini merupakan forum tertinggi untuk merumuskan program  kerja dan menyusun pengurus sehingga gerakan pramuka tetap satu langkah dan kompak dalam rangka meningkatkan peran serta pramuka dalam membangun bangsa,” ungkapnya.

Syarief juga mengatakan, untuk peserta  yang minta pro aktif dalam mengikuti muscab ini. Terlibatlah secara aktif dalam muscab ini, taati AD ART yang ada. Gerakan pramuka harus tetap ada meskipun di saat pandemi ini. “Tujuan gerakan pramuka adalah menjaga tunas bangsa dalam menjaga keutuhan persatuan bangsa, bertanggungjawab dan mampu mengisi kemerdekaan dengan karya pribadi yang unggul,” katanya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, Junaidi menyampaikan, sebenarnya muscab ini dilakukan pada akhir tahun 2021 yang lalu, karena periode kepengurusan kami mulai 2017 sampai 2021 tetapi karena banjir dan pandemi covid-19, maka muscab baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Sekretariat Kwartir Cabang Pramuka juga dijadikan posko penanganan banjir besar yang melanda Sintang akhir tahun lalu. Kami sudah melaksanakan rapat dewan kerja Sintang. Kwarcab Pramuka Sintang memiliki Gedung Cadika ini, lengkap penginapan, kantor dan ruang pertemuan. Dan ini satu satunya di Kalbar,” ujarnya.

Selanjutnya, junaidi juga mengungkapkan, bahwa peserta musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Sintang Tahun 2022 direncanakan 34 orang yang terdiri dari ketua dan pengurus ranting se Kabupaten Sintang, dewan kerja ranting, dewan kerja cabang, dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang. “Pada Musda di Sanggau tahun lalu, Kwarcab Sintang ditetapkan sebagai Kwarcab Tergiat se Kalimantan Barat,” tutupnya.

Read Previous

Pemda Ketapang Wujudkan Masjid Representatif

Read Next

Pemda Sambas Gelar Perayaan Imlek Pererat Tali Silaturahmi