• Minggu, 23 Juni 2024. Jam: 18:09

Kadisporapar Damping Sekda Sintang Kunjungi Nokan Cicak

Sintang, Kalbar – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika mendampingi Sekda Sintang, Yosepha Hasnah mengunjungi salah satu destinasi wisata Nokan Cicak yang terletak di Kemangai Kecamatan Ambalau, Sabtu (29/1).

Hendrika mengatakan, Nokan Cicak adalah salah destinasi unggulan yang ada di Kecamatan Ambalau. Destinasi ini paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Kalbar karena keunikannya. Air terjun yang berjarak tak kurang lebih 10 Km dari Pasar Nanga Kemangai ini, tersembunyi di dalam hutan yang lebat dan masih terlihat alami.

“Untuk sampai ke area tersebut kita menempuh waktu sekitar 10-20 menit dengan berjalan kaki dari Pasar Nanga Kemangai dan melintasi kawasan perkampungan Nanga Kemangai,” kata Hendrika.

Dikatakan dia, meski jalanan menanjak dan menurun, rasa lelah melangkah akan terbayar ketika melihat pemandangan air terjun dan rasa segarnya air gunung yang bersih dan dingin. Susunan bebatuan Air Terjun Nokan Cicak mirip candi seperti tangga berundak.

Dikatakan Hendrika, di puncak Air terjun Nokan Cicak landai. pengunjung bisa duduk duduk santai sambil memandang aliran air kebawah yang deras.

Di tengah – tengah Air terjun Nokan Cicak terdapat rongga-rongga bebatuan yang dialiri air. Kita akan nyaman berada di sana sambil mandi di aliran Air terjun Nokan Cicak. “Kepala terasa dipijit pijit efek dari tekanan air yang berasal dari atas,” ceritanya.

Dari Pasar Nanga Kemangai – Sintang menuju ke Air Terjun Nokan Cicak hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki menelusuri hutan yang masih asli. Pada hari hari besar keagamaan, air terjun ini ramai dikunjungi untuk sekedar bersantai dan habiskan liburan bersama rekan dan keluarga.

Air Terjun Nokan Cicak menympan keindahan yang luar biasa. Selain air terjunnya. Berbagai tanaman langka Flora dan fauna masih terjaga. Perjalanan yang dikeliliongi pepohonan bisa menjadi alternatif menjadi wisata edukasi untuk memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan di sana.

Untuk pergi kesana perlu waktu 3 s/d 4 jam dengan menggunakan speed boot dari Kabupaten Melawi Nanga Pinoh menuju ke Kecamatan Ambalau Nanga Kemangai.

Read Previous

Karolin Minta Perayaan Imlek Patuhi Prokes

Read Next

Musrenbang Jadi  Wadah Komunikasi Pembangunan