• Sabtu, 15 Juni 2024. Jam: 03:49

Desa Batu Lalau Gelar Syukuran Setelah Dialiri Listrik

Sintang, Kalbar – Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri acara Syukuran masuknya jaringan Listrik Desa (Lisdes) di kediaman salah satu warga setempat, Kelurahan Batu Lalau, Kecamatan Sintang, Selasa, (1/2).

Kegiatan Syukuran tersebut dihadiri, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Usmandy, Camat Sintang, Siti Musrikah, Lurah Batu Lalau Sutarman serta jajarannya, Lurah Kapuas Kanan Hilir, Yenny Yunita, dan masyarakat setempat.

 Bupati Sintang, Jarot Winarno menyampaikan, selamat kepada Kelurahan Batu Lalau yang saat ini sudah dialiri jaringan listrik, sehingga kedudukannya sama dengan kelurahan dan desa yang ada di Kecamatan Sintang bahkan desa-desa di Pulau jawa.

“Adanya listrik ini patut kita syukuri semuanya. Sehingga saat ini kedudukan Kecamatan Sintang sama  dengan desa-desa di Jawa,” ujarnya.

Ia  menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Usmandy yang telah memberikan perhatian kepada Kelurahan Batu Lalau secara khusus, untuk jalan yang saat ini sudah beberapa di aspal dan sedang dikerjakan.

“Terima kasih kepada pak usmandy, yang telah membangun jalan di sini menjadi hitam atau di aspal, sehingga juga batu lalau tidak kalah dengan kelurahan lain,” ucapnya.

Jarot mengatakan, akses jalan ke batu lalau juga sudah kita perbaiki, dulu susah payah lewat jalan itu, sekarang tembus dan lebar juga.

Selain itu, disela-sela perjalan menuju Batu Lalau, Jarot juga mampir untuk melihat kondisi tanaman pohon produktif yang di tanam Presiden RI beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja ke Kabupaten  Sintang yakni, di eks lahan pertambangan emas di Kelurahan Kedabang.

“Tanaman pak jokowi tadi saya tinjau, hidup, mudah-mudahan nanti semua pohon yang ditanam itu tumbuh subur. Paling tidak nanti bisa membantu penyerapan air, ketika banjir tidak bisa kita hindari,” ungkapnya.

Sutarman mengungkapkan, acara syukuran ini merupakan bentuk rasa syukur warga Kelurahan Batu Lalu, atas telah masuknya jaringan listrik yang sudah cukup lama menjadi dambaan  masyarakat setempat.

“Alhamdulillah sekarang listrik sudah nyala, dari gelap terbitlah terang, inilah yang sangat kami dambakan dari sejak dulu. Jalan-jalan pemukiman juga mulai di aspal, tinggal sedikit lagi yang belum,” ucap Sutarman.

Ia juga menjelaskan, pengajuan listrik desa di Kelurahan Batu Lalau ini sejak 2014 lalu dan pada 2021 kemarin listrik akhirnya bisa dinikmati masyarakat Batu Lalau.

“Hari ini kita mengadakan syukuran, meskipun ada beberapa rumah warga yang belum, tapi nanti semuanya akan tersambung jaringan listrik. Terima kasih kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang terlibat,” ungkap Sutarman.

Camat Sintang, Siti Musrikah mengatakan, Kelurahan Batu Lalau memiliki kesan tersendiri bagi dirinya pasca dilantik Januari 2020 lalu. Karena disampaikan Camat pendahulunya bahwa ada satu kelurahan yang belum teraliri listrik, padahal masuk dalam wilayah Sintang Kota.

“Saya heran dan kaget waktu itu, padahal masuk wilayah Sintang Kota, tapi belum dialiri listrik. Akhirnya, saya bersama pak lurah selalu mengingatkan, listrik ini harus ada. Karena kecamatan kita ini  merupakan kecamatan kota. Akhirnya 2021 kemarin terwujud, sehingga hari ini masyarakat mengadakan syukuran,” ungkapnya.

Selanjutnya, siti mengatakan, masih ada satu desa yang belum teraliri listrik, yaitu desa Tanjung Kelansam. Sebenarnya, sudah akan masuk listrik ke desa tersebut. Tapi karena saat mau masuk terkena pohon karet. “Tapi kami sampaikan kepada kadesnya untuk menghubungi Bappeda untuk listrik desa, koordinasi dengan PLN, agar Desa Tanjung Kelansam segera bisa dialiri listrik,” tutupnya.

Read Previous

Wakil Bupati Ketapang Dukung Kegiatan Keagamaan

Read Next

Karolin Minta Perayaan Imlek Patuhi Prokes