• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 15:11

Minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang Laris Saat Pandemi Covid

Sintang, Kalbar – Kuliner di Kabupaten Sintang yang sangat terkenal di kalangan kaum perempuan, adalah minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang. Usaha yang dirintis oleh Nurhadiah ini berlokasi di Desa Sengkuang.

Nurhadiah memproduksi minuman kunyit asam dalam bentuk kemasan botol. Usaha Minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang dirintis Nurhadiah sejak 2020 lalu. Ide merintis usaha minuman kunyit asam dalam kemasan botol muncul, karena Nurhadiah melihat penjual jamu gendong mulai menghilang di masa pandemi covid 19 lalu. Sementara peminat minuman jamu di kota sintang sangatlah banyak.


Melihat peluang inilah, Nurhadiah kemudian mulai merintis usahanya. Di masa pendemi covid 19 tahun 2020 lalu, permintaan terhadap produksi minuman kunyit asam milik Nurhadiah sangatlah banyak. Dalam sehari, Nurhadiah biasa memproduksi 15 botol minuman kunyit asam. Nurhadiah menjual setiap satu kemasan botol minuman kunyit asam seharga Rp12.500.
Selain menerima pesanan dari para konsumen, Nurhadiah memasarkan produk minuman kunyit asam ke kantor tempatnya bekerja.

“Usaha Minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang ini juga bergabung menjadi anggota Koperasi Konsumen Salimah Senentang Sejahtera,” katanya, Jumat (6/10). Dari usaha minuman kunyit asam ini, Nurhadiah bisa meraup keuntungan sebesar Rp3.000 perbotolnya. Dalam sebulan omset yang diperoleh Nurhadiah dari usaha minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang ini mencapai Rp2.000.000.


Cara membuat minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang tidaklah sulit. Bahan – bahannya terdiri dari 100 gram kunyit, 20 gram asam jawa, 30 gram gula merah, garam secukupnya dan 500 ml air. Cara membuatnya, cuci kunyit yang masih segar hingga bersih, kupas kulitnya. Parut atau blender kunyit dengan sedikit air. Peras airnya hingga benar-benar habis. Didihkan air untuk merebus air perasan kunyit, gula merah dan asem jawa.

Kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah jamu mendidih, matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Saring jamu dan masukkan ke dalam gelas atau botol. Nah, bagi masyarakat Kabupaten Sintang yang ingin merasakan minuman Kunyit Asam Curcuma Sengkuang dapat memesannya langsung ke nomor 085245043823.






Read Previous

Dinkes PP dan KB Kembali Gelar Audit Kasus Stunting

Read Next

Disporapar Promosikan Budaya di Rumah Betang