• Senin, 15 April 2024. Jam: 11:48

Nuansa Ramadhan Di Singkawang

Singkawang, Kalbar – Dalam suasana Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kota Singkawang mulai dihiasi dengan ornamen bernuansa islami.

Pelaksana kegiatan hias kota, Firsi Juniantha mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pemasangan berbagai ornamen islami seperti lampu hias (tanglong), bintang serta hiasan lain bernuansa islami di beberapa lokasi startegis.

Lokasi yang dimaksud yakni di Jalan Diponegoro, Bundaran 1001 AI dan Beringin Corner.

Ia mengatakan untuk di Beringin Corner akan dihias dengan ornamen-ornamen bernuansa timur tengah dengan menampilkan replika gurun pasir dan patung unta tiga dimensi serta tenda khas padang pasir.

“Yang nantinya bisa dijadikan spot foto menarik bagi pengunjung,” katanya, Senin (25/3).

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang, Heri Apriadi mengatakan hias kota dilakukan untuk membuat senang dan betah wisatawan yang berkunjung ke Singkawang. Ia optimis pengerjaan tersebut bisa rampung paling lambat H-10 Hari Raya Idul Fitri.

“Hakekat hias kota adalah kegiatan mempercantik serta memperindah kota dalam suasana Ramadan dan menyambut Idul Fitri, supaya wisatawan bisa senang dan betah di Kota Singkawang,” kata Heri Apriadi.

“H-10 Idul Fitri akan diupayakan untuk kita lakukan peresmian pembukaan Ramadhan Fair 1445 H,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyarankan kepada panitia agar hiasan di Beringin Corner mengunakan properti yang efisien untuk dipindahkan.

Hal itu karena tempatnya yang terbuka, sehingga rentan terhadap perubahan cuaca baik hujan atau angin kencang, apalagi terdapat pasir yang dikhawatirkan bisa beterbangan dan menganggu pengguna jalan.

“Saya sarankan di Beringin Corner itu, properti yang digunakan haruslah yang mudah untuk dipindahkan/diamankan ketika terjadi hujan. Begitu juga pasir yang ada di situ kan kalau pas angin kencang, bisa beterbangan dan khawatir mengganggu pengguna jalan,” saran Sumastro.

Untuk itu, Ia meminta panitia segera berkoordinasi dengan pihak Kepolisian agar bisa dilakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Beringin Corner.

Bid. IKP

Read Previous

Nuansa Ramadhan Di Singkawang

Read Next

Transnusa Airlines Minat Buka Rute Penerbangan Di Bandara Singkawang