• Kamis, 20 Juni 2024. Jam: 19:29

Penyeberangan Lintas Kabupaten dioperasikan

Kubu Raya, Kalbar – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Bupati Kayong Utara Citra Duani menandatangani kesepakatan bersama, tentang kerja sama penyelenggaraan urusan pemerintah daerah antara Pemkab Kubu Raya dengan Pemkab Kayong Utara, dengan pengoperasian Kapal Motor Penumpang (KMP) Merawan II untuk melayani penyeberangan lintas kabupaten, Rabu, (23/2).

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di atas KMP Merawan II, tepat di titik nol sungai yang terbentang sepanjang 850 meter antara Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya dengan Kecamatan Seponti Jaya, Kabupaten Kayong Utara. Dengan ditandatangani kesepakatan ini, maka PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) cabang Kalimantan Barat (Kalbar) secara resmi mengoperasikan KMP Merawan II untuk melayani penyeberangan lintas kabupaten.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, kesepakatan ini dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat di dua kebupaten itu, dalam melakukan jual beli hasil pertanian, perikanan dan perkebunan. Baik dari Kabupaten Kubu Raya ke Kabupaten Kayong Utara maupun sebaliknya.

“Ini merupakan titik berangkat kita bersama, agar ke depan hubungan antara dua kabupaten di Kalbar ini bisa lebih baik dalam memberikan peluang untuk masyarakatnya. Kita sudah berfikir jauh ke depan, agar generasi kita di dua kabupaten ini jauh lebih berkualitas,” ujarnya.

Muda Mahendrawan usai menandatangani kesepakatan bersama anatara Pemkab Kubu Raya dengan Pemkab Kayong Utara. Bupati Muda meyakini, baik pemimpin di Kubu Raya maupun pemimpin di Kayong Utara sama-sama punya tekad dan mampu memberikan sesuatu yang berdampak dan dapat dikenang oleh anak cucu ke depannya.

“Hari ini, merupakan hari kita mengukir sejarah dan tidak sekedar mengekor sejarah, karena sejarah harus kita fahami dan kita ketahui. Saya bangga dengan inisiatif dari desa-desa dan warga di dua kecamatan ini, karena ini muncul dari rasa panggilan nurani dan tanggung jawab,” ungkapnya.

 Ia mengatakan, bahwa kehadiran KMP Merawan II yang menghubungkan dua kecamatan akan memberikan peluang bagi dua kabupaten ini yang memiliki areal lahan pertanian dan holtikultura yang luas. Selain itu, juga memiliki sumber perikanan.

“Ini tidak akan pernah habis, jika benar-benar dimanfaatkan ini berkelanjutan dan bisa memberikan dampak yang besar bagi masyarakat,” ujarnya.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengapresiasi, Pemkab Kubu Raya, khususnya Bupati Kubu Raya, karena telah menyatukan dua kabupaten di tengah sungai di atas Kapal Feri Merawan II. Dengan hadirnya kapal feri ini, tentunya memberikan kebahagaiaan tersendiri bagi masyarakat Kayong Utara.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama yang kita lakukan hari ini, merupakan monumental tersembunyi antara Kabupaten Kayong Utara dengan Kabupaten Kubu Raya,” ucapnya.

Ia mengatakan,  ke depannya masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga melakukan kerjasama yang selama ini sudah terjalin, khusunya hubungan perdagangan. “Saat ini, pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Seponti Jaya ini jauh lebih maju dari sebelumnya dan sebaliknya pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya juga luar biasa,” pungkasnya.

Read Previous

Bupati Sintang Resmikan Rumah Sakit Anugrah Bunda Jaya

Read Next

Wakot Singkawang Lakukan Pemancangan Jembatan Penghubung