• Jumat, 19 April 2024. Jam: 21:30

Sebanyak 105 Calon Jamaah Haji Diberangkatkan

Sanggau, Kalbar – Sebanyak 105 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sanggau diberangkatkan secara resmi oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi. Kegiatan di pusatkan di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Minggu (18/6/2023).

Di dalam sambutan Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa ibadah haji adalah rukun Islam kelima dan merupakan kewajiban bagi setiap orang Islam yang mampu menunaikannya.

“Seseorang yang pergi haji harus dalam keadaan mampu. Kemampuan yang dimaksud meliputi kemampuan finansial, material, serta fisik dan mental dimana dia dapat membiayai kepergiaannya dan juga keluarga yang ditinggalkannnya. Juga dia benar-benar dalam keadaaan sehat, baik jasmani maupun rohani,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Bupati Sanggau juga jelaskan berkaitan dengan pelaksanaan jamaah haji yang menuntut kemampuan fisik yang prima.

“Maka pada kesempatan ini saya mengharapkan kepada jamaah calon haji Kabupaten Sanggau agar memperhatikan beberapa hal seperti menjaga dan memelihara kesehatan baik sekarang hingga kembalinya ke tanah air bekumpul bersama keluarga. Hal ini penting, sebab keadaan fisik akan sangat mempengaruhi kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji,” jelasnya.

Bupati, Paolus Hadi juga katakan bahwa ibadah haji menuntut adanya kerjasama, kekompakan dan saling tolong menolong dengan sesama.

“Sebab diantara jamaah mungkin ada yang mengalami kesulitan sehingga memerlukan pertolongan dan bantuan dari jamaah lainnya. Disamping itu, kebersamaan ibadah haji juga menuntut kemandirian dari masing-masing jamaah, untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji seperti shalat berjamaah di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi di Madinah serta ibadah-ibadah lainnya,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Pada tahun ini, lanjut Bupati Sanggau Paolus Hadi bahwa kita sudah menunjuk dan menugaskan satu orang petugas Kesehatan pendamping haji Kabupaten Sanggau atas nama Ibu Dayang Maslindawati

“Mudah-mudahan petugas Kesehatan ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab, sehingga mampu memperkecil permasalahan terutama masalah kesehatan jamaah haji. Kepada jamaah calon haji saya mengharapkan untuk dapat memelihara sopan santun dan tata pergaulan, baik terhadap sesama jamaah daerah maupun antar negara,” pesan Bupati Sanggau.

“Saya selaku Bupati Sanggau beserta keluarga dan seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau mengucapkan selamat jalan dan semoga menjadi Haji yang mabrur,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, H. Anuar Akhmad melaporkan bahwa secara keseluruhan jumlah jamaah calon haji Kabupaten Sanggau sebanyak 120 orang.

“Kita turut berduka dimana salah satu jamaah calon haji Kabupaten Sanggau atas nama Sampurno Pane Bin Djaulan meninggal dunia di usia 80 tahun. Sehingga jumlah jamaah calon haji kita berjumlah 119 orang. Dan untuk hari ini sebanyak 105 jamaah calon haji di berangkatkan dan pada tanggal 21 juni mendatang menyusul 14 jamaah calon haji kita diberangkatkan juga,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, H. Anuar Akhmad.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau juga melaporkan bahwa jamaah calon haji Kabupaten Sanggau terbagi dalam 3 kloter yaitu:

  1. Kloter 29 sebanyak 6 orang
  2. Kloter 30 sebanyak 106 orang
  3. Kloter 33 sebanyak 8 orang

“Adapun jamaah calon haji berdasarkan kecamatan diantaranya: Kapuas 64 orang, Mukok 13 orang, Sekayam 10 orang, Parindu 8 orang, Tayan Hilir 10 orang, Meliau 6 orang, Kembayan 2 orang, Tayan Hulu 2 orang, Beduai 2 oang, Jangkang 1 orang dan Balai 1 orang. Sehingga total keseluruhan sebanyak 119 orang jamaah calon haji,” laporan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sanggau, H. Anuar Akhmad.

“Di informasikan juga bahwa jamaah calon haji tertua atas nama Ibu Raje’i dengan usia 91 tahun (12 Februari 1931) dan jamah calon haji termuda atas nama Nur Badzlina Abdullah dengan usia 23 tahun (26 Juli 2000),” sambungnya.

Penulis         : Alfian

Read Previous

PKK Harus Tingkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga

Read Next

Lepas Keberangkatan 64 Jamaah Calon Haji