• Senin, 17 Juni 2024. Jam: 09:27

Sekda Sintang Inisiasi Lomba Cipta Lagu Mars Kabupaten Sintang

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, meminta jajaran Panitia Kelam Tourism Festival Tahun 2023 untuk menambah satu jenis lomba lagi, yakni  Lomba Cipta Lagu Mars Kabupaten Sintang. Hal tersebut disampaikan Kartiyus pada saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Kelam Tourism Festival Tahun 2023 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Rabu, (18/10).

“Saya sering pergi ke beberapa daerah untuk menghadiri acara. Setelah lagu Indonesia Raya, kita diminta menyanyikan lagu mars daerah tersebut. Maka saya minta Dinas Porapar untuk menambah satu jenis lomba lagi pada kegiatan Kelam Tourism Festival Tahun 2023,” pinta Kartiyus

Kartiyus menjelaskan bahwa lomba ini sebaiknya segera dipersiapkan, termasuk pembuatan selebaran dan langkah-langkah lainnya. Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa lomba ini dapat memberikan kesempatan kepada seniman dan guru kesenian untuk membantu Pemkab Sintang dalam menciptakan lagu mars Sintang. Dengan demikian, ke depannya, saat mengadakan kegiatan, setelah menyanyikan Indonesia Raya, kita dapat juga menyanyikan lagu mars Kabupaten Sintang. Dia juga mencatat bahwa Kabupaten Sanggau sudah memiliki lagu marsnya sendiri.

“Syaratnya peserta lomba mengirim dalam bentuk teks yang sudah lengkap nada dan syairnya serta rekaman suara saat menyanyikan karya tersebut. Syairnya wajib menyampaikan gambaran, potensi dan ciri khas Kabupaten Sintang serta memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Kabupaten Sintang untuk maju dan berkembang,” tambah Kartiyus.

“Selanjutnya, teks lagu bisa direvisi oleh Pemkab Sintang, untuk menyesuaikan teks dengan tujuan lagu mars. Tetapi nadanya tetap menggunakaan nada yang dibuat oleh penciptanya. Sejak awal, Pemkab Sintang boleh melakukan revisi syair lagu mars Kabupaten Sintang harus diberitahu kepada peserta. Nanti yang menang akan kita urus hak ciptanya,” tambah Kartiyus.

Terakhir, Kartiyus menyatakan keyakinannya bahwa Sintang memiliki banyak seniman dan guru seni yang kompeten untuk menghasilkan lagu mars terbaik. Dia juga mengusulkan agar Disporapar Sintang segera membuat pengumuman dalam bentuk flyer dan mendistribusikannya ke masyarakat.

Read Previous

Sekda Sintang Pimpin Rapat Persiapan Kelam Tourism Festival 2023

Read Next

Pemkab Sintang Gelar Lomba Memancing di Sungai Kapuas