• Senin, 15 April 2024. Jam: 09:46

Kadis Porapar Tinjau Seleksi Paskibraka

Sekadau, Kalbar  – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata bersama Tim Gabungan Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Dinas Kesehatan PP dan KB, Dinas Kominfo serta TNI-Polri Kabupaten Sekadau menggelar Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahap 1 Kabupaten Sekadau Tahun 2023 di SMA Negeri 1 Nanga Taman dan SMA 1 Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Senin (6/3).

Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota Paskibraka yang kali ini digelar sebanyak 2 sesi yaitu di Kecamatan Nanga Taman dan di Sekadau Hulu tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono didampingi Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Sekadau, FX. Gandring Panuluh.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono menyambut baik dengan adanya kegiatan seleksi anggota paskibraka di Kecamatan Nanga Taman dan Sekadau Hulu tersebut.

“Fungsi dari Seleksi Calon Anggota Paskibraka ini sudah jelas, yaitu untuk meningkatkan rasa nasionalisme serta pelatihan ini juga bertujuan untuk kedisiplinan dalam pengibaran bendera merah putih di Kabupaten, Provinsi maupun Pusat nantinya,” sebutnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa dengan mengikuti Paskibraka ini nantinya para siswa siswi yang sudah mengikuti paskibraka memiliki nilai tambah untuk bisa mengikuti seleksi di instansi lainnya pada saat selepas sekolah, seperti TNI dan Polri.

“Dari sisi orang tua juga diharapkan bisa mendukung penuh jika anaknya mengikuti seleksi ini, karena disisi lain juga bisa menjadi nilai tambah serta pengalaman yang berharga untuk si anak kedepannya,” ujar dia.

Sementara itu, dia menjelaskan untuk kedepannya karena pengelolaan Paskibra sudah berada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik terdapat beberapa point yang perlu ditingkatkan, salah satunya yaitu sosialisasi ke sekolah-sekolah yang diharapkan animo dari siswa siswi untuk menjadi anggota Paskibraka dapat lebih tinggi.

Pada Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahap 1 tersebut dilakukan beberapa tes sebagai dasar penilaian pada Seleksi Anggota Paskibraka Kabupaten Sekadau seperti, cek fisik, tes kesehatan serta dilanjutkan dengan tes PBB dan PPM.

Adapun Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahap 1 di Kecamatan Nanga Taman tersebut diikuti sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 13 wanita serta 15 laki-laki yang berasal dari SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMK Negeri 1 Nanga Taman.

Sedangkan Seleksi Calon Anggota Paskibraka Tahap 1 di Kecamatan Sekadau Hulu tersebut diikuti sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 3 wanita serta 12 laki-laki yang berasal dari SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sekadau Hulu, SMA Negeri 3 Tapang Perodah serta SMA PGRI Rawak.

Read Previous

Wabup Syamsul Serahkan Petikan Keputusan Pengangkatan CPNS Jadi PNS

Read Next

Sumastro Pimpin Rakor Penanganan Banjir