• Rabu, 18 Mei 2022. Jam: 07:38

Menurunkan Angka Stunting, Pemda Sekadau Jalankan ProPN

Sekadau, Kalbar – Pemerintah Kabupaten Sekadau bersama BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menggelar Sosialisasi Materi dan Media KIE Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor di Lokasi Fokus (Lokus) Program Prioritas Nasional (ProPN) yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat, (4/2). Kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka mendukung Program Prioritas Nasional (ProPN) untuk mengurangi angka kemiskinan dan angka stunting di Kabupaten Sekadau.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan dalam upaya meningkatkan dan menstabilkan perekonomian keluarga agar bisa menurunkan angka stunting di Kabupaten Sekadau.

“Perlu kita ketahui bersama angka stunting di Kabupaten Sekadau sangat tinggi, yaitu sekitar 26 persen, dan menurut data Kabupaten Sekadau saat ini berada di urutan 7 atau 8 se-Kalimantan Barat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam mengatasi hal itu haruslah dilakukan sejak dini, salah satunya adalah meningkatkan ekonomi keluarga kita. “Di Desa tanjung sebagian besar bergerak dalam bidang kuliner dan UMKM di Desa Tanjung terdapat sekitar 300 lebih, menurut saya ini sangat baik,” tambahnya.

Selain itu, Wakil Bupati Sekadau mengharapkan agar para kelompok tani bisa dihidupkan kembali dalam upaya menyesuaikan program unggulan Pemerintah IP3K yaitu Infrastruktur, Perkebunan, Perikanan dan Pertanian untuk Kesejahteraan.

Selanjutnya, dia mengungkapkan, Pemerintah Daerah juga akan membentuk koperasi, supaya para kelompok tani dan ibu-ibu yang bergerak dibidang kuliner tidak perlu bersusah payah dalam melakukan pemasaran, hanya perlu berkomunikasi dengan pihak Dinas Koperasi untuk pemasarannya.

“Saya mengajak para Kelompok Tani untuk menciptakan ketahanan pangan tersebut dalam meningkatkan pendapatan keluarga seperti sayur mayur dan kuliner milik masyarakat harus dikembangkan kembali, Pemerintah Daerah siap mendukung kelompok tani yang ada di Kabupaten Sekadau,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung, Samsudin menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau telah menunjukan Desa Tanjung sebagai tuan rumah dalam rangka kegiatan Sosialisasi tersebut.

“Kegiatan ini  juga diharapkan dapat menjadi pendorong UPPKA Desa Tanjung dalam melaksanakan kegiatan dan penyuluhan untuk meningkatkan perekonomian di Desa Tanjung. Sosialisasi ini juga bisa membantu masyarakat Desa Tanjung dalam peningkatan ekonomi. Apalagi seiring dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sekadau, yakni IP3K,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar Muslimat, Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Budi Mustika, serta para pengurus Kelompok Kerja Desa Tanjung.

Read Previous

Asisten Teritorial Panglima TNI Kunjungi Kabupaten Sambas

Read Next

Pemkab Sintang-Kajari Sintang Teken Nota Kesepakatan