• Jumat, 9 Desember 2022. Jam: 11:56

Pameran Produk Kewirausahaan  Jadi Ajang Kreativitas Siswa

Sintang, Kalbar – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, membuka kegiatan Pameran Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh SMKN 1 Kecamatan Kelam Permai ditandai dengan pengguntingan pita, yang dilaksanakan di Halaman Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kelam Permai pada Selasa (8/11).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah memberikan apresiasi atas kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kelam Permai.

“Saya berharap agar semua produk yang diciptakan oleh siswa siswi SMK Negeri 1 Kelam Permai ini, selain dipamerkan dalam even ini juga dapat diupayakan legalitasnya sehingga bisa dipasarkan lebih luas,” harapnya.

Dia menilai, para pelajar di SMK Negeri 1 Kelam Permai bisa membuat produk dengan bahan bakunya dari alam yang ada di Kelam Permai tersebut. Sejalan dengan pengembangan pariwisata ini, Kelam Permai mempunyai tempat wisata unggulan yakni Bukit Kelam yang sudah dikenal oleh masyarakat.

“Ke depan ada sinergi antara produk yang dihasilkan oleh pelajar SMKN 1 Kelam Permai dengan lokasi wisata yang ada. Bisa saja SMKN 1 Kelam Permai bekerjasama dengan pengelola tempat wisata yang ada di Kelam Permai ini. Misalnya, produk-produk ini dititipkan kepada pengelola tempat wisata yang ada untuk dibantu penjualanya,” ujarnya.

Kepala SMK Negeri Kelam Permai, Maria Victoria menjelaskan, bahwa pengembangan minat kewirausahaan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipandang strategis untuk menyiapkan generasi mendatang yang produktif dan berkarakter.

“Selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi, lulusan SMK juga didorong menjadi wirausaha kreatif. Salah satu alternatif yang bagus ya mendorong anak-anak untuk menjadi wirausaha. Terutama anak-anak yang memiliki imajinasi yang kuat, punya mimpi besar, sebaiknya disiapkan untuk menjadi wirausaha,” ungkapnya.

“Pada kegiatan pameran ini, semua jurusan yang ada di SMK N 1 Kelam Permai bisa ambil bagian. Kami berharap dengan adanya pameran ini dapat memacu semangat siswa untuk terus belajar menghasilkan produk yang baik dan berkualitas,” tambahnya.

Dia berharao dengan acara ini dapat membawa dampak positif bagi para siswa siswi . Karena Pameran digelar sebagai ajang menggali potensi dan kreativitas peserta didik dalam bidang wirausaha, yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing.

Pameran tersebut dihadiri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, di dampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sintang, Camat dan Unsur Forkopimcam Kecamatan Kelam Permai, Kepala SMKN 1 Kelam Permai beserta para guru mengunjungi stand-stand hasil Produk Kreatif sebanyak 18 produk Kewirausahaan dari semua jurusan yang ada di SMKN 1 Kelam Permai.

Read Previous

Pemkab Kembali Adakan Pasar Murah

Read Next

Penyerahan Dokumen Profil Masyarakat Hukum Adat Sukses Digelar