• Senin, 15 Juli 2024. Jam: 15:03

Program Bedah Rumah Masih Didambakan Masyarakat

Sintang, Kalbar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, mendorong pemerintah daerah agar gencar melaksanakan program bedah rumah masyarakat. Sebab program bedah rumah masih menjadi dambaan masyarakat yang rumahnya tidak layak huni.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, Sabtu (18/6).

Politikus Partai Demokrat (PD) ini, menilai program bedah rumah masyarakat kurang mampu ini, perlu dilakukan sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat yang layak ke depannya.

“Program bedah rumah ini akan sangat membantu bagi masyarakat kurang mampu. Bahkan usulan adanya bedah rumah sering kali disampaikan oleh masyarakat,” kata Hikman Sudirman.

Tidak hanya itu, rerata masyarakat desa yang ada di Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu juga mengharapkan bantuan bibit disektor peternakan, pertanian dan infrastruktur jan dan jembatan.

Bantuan bibit, sambung Hikman Sudirman, dinilainya mampu memacu pengembangan usaha masyarakat.

“Adanya bantuan bibit baik berupa ternak dan ikan sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri,” ungkap Hikman Sudirman.

Dengan adanya bantuan bibit ternak seperti sapi, kambing dan ikan dari pemerintah ini, tentunya dapat meringankan biaya yang harus dikeluarkan oleh para petani untuk membeli bibit dan pakan.

“Maka dari itu kami juga mendorong agar dinas terkait melakukan pembinaan dan pelatihan agar bantuan yang disalurkan bisa berkembang atau berhasil dengan baik,” ulas Hikman Sudirman.

Setakat ini, ungkap Hikman Sudirman, pendampingan terhadap masyarakat yang bergerak disektor perternakan dan pertanian masih minim. Imbasnya ada yang berhasil dan ada yang gagal ketika memasuki masa panen.

“Kebanyakan sih gagal panen ya, karena selama ini masyarakat peternak dan petani kita melakukannya hanya dengan pengetahuan mandiri saja, tanpa pendampingan. Untuk itu, kita harapkan ke depannya pemerintah daerah dapat memberikan pendampingan khusus kepada peternak dan petani kita dalam mencapai hasil produktivitas yang jauh lebih baik lagi,” pungkas Hikman Sudirman, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kayan Hilir dan Kecamatan Kayan Hulu.

Read Previous

Sekdis Kominfo Singkawang Tutup Pelatihan VSGA Batch I

Read Next

Dewan Sintang Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan