• Sabtu, 13 Juli 2024. Jam: 17:53

Bappeda Sintang Siapkan 117 Program

Sintang, Kalbar – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus menyampaikan, paparanya pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Sintang Tahun 2023 di Gedung Pancasila, Selasa, (8/3).

Bupati Sintang,Kartiyus menjelaskan, bahwa tema rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Sintang Tahun 2023 adalah pemulihan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur dasar, mutu pelayanan kesehatan, sumber daya manusia yang berkualitas menuju sintang yang inovatif, maju dan lestari.

“Tema di atas sekaligus merupakan prioritas pembangunan tahun 2023 yakni pemulihan ekonomi, peningkatan infrastruktur dasar, pemenuhan mutu pelayanan kesehatan, peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas, sintang yang inovatif, maju dan lestari,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mencapai prioritas pembangunan tersebut, sudah disusun 33 program untuk mencapai pemulihan ekonomi seperti Program Pelayanan Penanaman Modal, Program Pemberdayaan Usaha Menengah, Usaha Kecil, dan Usaha Mikro (UMKM), Program Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Program Penanganan Kerawanan Pangan, Program Penempatan Tenaga Kerja, Program Pengawasan Keamanan Pangan dan Program Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Mencapai peningkatan infrastruktur dasar, kami sudah susun 28 program untuk mencapainya seperti Program Kawasan permukiman, program penataan bangunan dan lingkungannya, program penataan bangunan gedung, program penataan desa, program penatagunaan tanah, program penetapan tanah ulayat, program pengelolaan dan pengembangan sistem drainase,” ungkapnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, dalam prioritas pemenuhan mutu pelayanan kesehatan, sudah disusun sebanyak 13 program untuk mencapainya seperti program pemberdayaan dan peningkatan Keluarga Sejahtera (KS), program pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan, program pembinaan keluarga Berencana (KB), program Pemenuhan Hak Anak (PHA), program pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat dan program pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan, serta program pengembangan kapasitas daya saing keolahragaan.

“Kami sudah menyiapkan 15 program untuk mencapainya yakni program kepegawaian daerah, program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja, program pelestarian dan pengelolaan cagar budaya, program pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan, program pembinaan perpustakaan, program pembinaan sejarah, dan program pendidik dan tenaga kependidikan,” jelasnya.

Dalam menyusun 28 program untuk mencapai Sintang Inovatif, Maju dan Lestari. Diantara 28 program tersebut yakni, program administrasi pemerintahan desa, program aplikasi informatika, program informasi dan komunikasi publik, program Koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah, program pemberdayaan dan pengawasan organisasi kemasyarakatan, program pembinaan dan pengawasan pemerintahan desa, program pembinaan dan pengawasan Terhadap Izin Lingkungan dan Izin Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).

Kemudian,  untuk mencapai tujuan pemulihan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur dasar, mutu pelayanan kesehatan, sumber daya manusia yang berkualitas menuju sintang yang inovatif, maju Dan lestari oleh masing-masing OPD sesuai tupoksinya.

Read Previous

Musrenbang Sintang Fokuskan Peningkatan Infrastruktur  dan Pemulihan Ekonomi

Read Next

Program Pamsimas III dan Pasminumas diresmikan