• Sabtu, 16 September 2023. Jam: 01:50

Dewan Sintang Minta Pemkab Maksimalkan PAD

Sintang, Kalbar – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kusnadi mendesak pemerintah kabupaten setempat memaksimalkan pendapatan asli daerah untuk kemajuan pembangunan di wilayah itu.

“Tahun depan terjadi penurunan terhadap APBD, maka harus ada solusi agar pembangunan dapat terus berlanjut dengan baik, caranya dengan meningkatkan PAD,” kata Kusnadi ditemui di Sintang, Kamis (2/6).

Menurut Kusnadi, banyak potensi pendapatan asli daerah (PAD) yang bisa digarap, seperti memaksimalkan retribusi galian C dan retribusi perkebunan kelapa sawit.

Selama ini, kata Kusnadi, dua potensi tersebut belum dikelola maksimal. Padahal, Kabupaten Sintang memiliki banyak galian C.

“Aktivitasnya tersebar di beberapa kecamatan, bahkan untuk perkebunan kelapa sawit, semua kecamatan terdapat perkebunan kelapa sawit,” kata dia.

Menurut Kusnadi, pemangkasan anggaran oleh pemerintah pusat akan berpengaruh pada pembangunan.

Karena itu, dia menginginkan Pemkab Sintang harus kreatif menggali PAD, pemerintah daerah harus tegas soal retribusi, jangan hanya menunggu, tapi bergerak.

Dia menginginkan pembangunan di Kabupaten Sintang tidak terlalu bergantung dengan pemerintah pusat.

Pemkab Sintang memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah jika dikelola dan dimaksimalkan dengan baik.

“Harusnya kita bisa lebih mandiri, pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat tidak akan terlalu berpengaruh kalau kita mampu menggali potensi untuk dijadikan PAD,” kata Kusnadi.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan pemerintah tetap mengambil langkah untuk mengoptimalkan anggaran yang ada.

“Pembangunan harus tetap berjalan, tidak boleh berhenti karena persoalan anggaran minim. Langkah menyiasatinya yaitu dengan menerapkan strategi efesiensi, belanja daerah diutamakan hal yang produktif,” kata Jarot.

Ditegaskan Jarot, pembangunan di Sintang akan terus dilakukan. Artinya pembangunan yang betul – betul dibutuhkan masyarakat serta mendorong pembiayaan yang berkeadilan.

“APBD tetap diupayakan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat, mengentaskan kemiskinan serta membenahi ketimpangan pembangunan antar wilayah,” tegas Jarot.

PARADE DAN DOA BAGI BANGSA, WUJUD KEIMANAN MASYARAKAT SINGKAWANG

Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melepas gelaran Parade dan Doa Bagi Bangsa “Jesus Reigns” di halaman Stadion Kridasana Singkawang, Rabu (1/6/2022).

Tjhai Chui Mie mengapresiasi kegiatan parade dan doa bagi bangsa ini. Menurutnya, kegiatan ini sebagai suatu wujud keimanan masyarakat Kota Singkawang kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan ini pula merupakan wujud kepedulian kita semua bagi Kota Singkawang dan bangsa ini dengan melakukan doa bagi bangsa,” ujarnya.

Dengan tema “The Year Of No Compromisme“, Ia meyakini bahwa tahun ini adalh tahunnya bagi kita semua untuk bangkit setelah sekian lama terdampak dari Pandemi Covid-19.

“Saya yakin dan percaya dengan berkumpulnya kita disini, dengan iman yang kuat, doa-doa yang disampaikan akan didengar oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkapnya.

Ia berharap parade dan doa bagi bangsa ini menjdi rutinitas bagi kita semua sebagai insan beragama.

Karena ketaatan kita kepada Tuhan Yang Maha Eaa, kita berdoa dan mengucap syukur kepada sang pencipta.

“Mari kita berdoa bersama agar kita mampu menjadi lebih baik di tahun ini dan agar kita semua selalu diberikan kesehatan, rejeki dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Read Previous

Keluarga Besar Masyarakat Sintang dan Melawi Gelar Halal Bi Halal

Read Next

Wabup Farhan Hadiri Jam’iyyah Sholawat