• Minggu, 14 April 2024. Jam: 09:35

Kepala Dinas TPH Kalbar Laksanakan Panen Di Kebun Percontohan

Kalbar – Jum’at (16/02), Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat Ir. Florentinus Anum, M.Si bersama Sekretaris Dinas Ir. Endang Kusumayanti, MM beserta para Kepala Bidang dan UPT lingkup dinas melaksanakan kegiatan panen beberapa komoditi pertanian di kebun percontohan “ayo bertani” DISTPH Kalbar, antara lain : Padi Varietas Inpago 13 Fortis, Jagung manis, Ubi kayu (varietas adira dan malang 1), aneka jenis sayuran hidoponik dan terong (hijau dan putih). “Kita melaksanakan panen beberapa komoditas pertanian di kebun percontohan sekaligus untuk melihat produktifitasnya dengan tujuan agar demplot-demplot yang ada ini dapat menjadi contoh dalam penerapan ke petani nantinya dengan tujuan agar dapat meningkatkan produksi dan juga produktivitas komoditi pertanian di Kalimantan Barat” ujar Anum.

“Hari ini kita panen padi varietas Inpago 13 Fortes, salah satu vrietas yang sudah sangat familiar dan sering ditanam petani Kalbar. Setelah kita laksanakan kegiatan panen ini, ternyata produktivitasnya sangat luar biasa mencapai 8 Ton/Hektar nya dengan masa tanam 110 hari. Perlakuan yang kita lakukan adalah dengan pengembunan/penyemprotan dengan biosaka ditambah dengan pupuk seperti biasanya” lanjut Anum. Florentinus Anum menambahkan diharapkan nantinya demplot-demplot percontohan ini dapat diterapkan dilapangan ke para petani dengan tujuan untuk meningkatkan produksi dan juga produktivitas komoditi pertanian di Kalimantan Barat ini. “Nanti setelah varietas Inpago 13 Fortes, kita juga akan coba ke varietas–varietas lainnya yang sering ditanam petani.

“Kita himbau ke para penyuluh-penyuluh kita yang juga ikut kegiatan panen ini agar dapat membuat modul yang nantinya dapat diterapkan kepada para petani, sehingga dengan adanya kebun percontohan ini memberikan manfaat bagi kita, khususnya petani di Kalimantan Barat” pungkas Anum.

Kebun Percontohan “Ayo Bertani” Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat dibangun sebagai upaya edukasi demplot beberapa komoditi pertanian dengan tujuan dapat diterapkan ke tingkat petani untuk meningkatkan produksi dan juga produktivitas komoditi pertanian di Kalimantan Barat. Kebun percontohan ini sering menjadi tujuan kunjungan para pelajar dan juga mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan meraka di bidang  pertanian, tidak hanya pelajar dan mahasiswa, para anak TK pun sering berkunjung ke kebun percontohan “Ayo Bertani” ini.

Oleh: (Erwansyah)

Read Previous

Indeks Pembangunan Statistik Kota Pontianak 2023 Tertinggi di Kalbar

Read Next

Bupati Kapuas Hulu Mengikuti Zoom Meeting Aksi Perubahan