• Jumat, 21 Juni 2024. Jam: 04:37

Tua Muda Bersaing Lomba Pangkak Gasing

Sintang, Kalbar – Pelaksanaan Lomba Pangkak Gasing pada Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke 9 Tahun 2022 pada Sabtu (30/7) pagi. Sempat terhambat karena halaman Betang Jerora Satu basah dan becek sehingga tidak memungkinkan untuk dijadikan lokasi lomba pangkak gasing.

Laurensius Anong Koordinator Lomba Pangkak Gasing menuturkan bahwa dia sempat bingung menetukan lokasi lomba pangkak gasing karena hujan yang mengguyur Sintang membuat halaman Betang Jerora Satu becek.

 “Padahal syarat lokasi lomba pangkak gasing ini, tanah harus keras sehingga lomba bisa maksimal. Akhirnya kita laksanakan lombanya di atas tanah yang sudah di cor saja. Peserta lomba pangkak gasing ini ada 14 orang, hanya satu kategori saja. Jadi pelajar dan dewasa sama-sama bersaing. Sehingga terjadi perlawanan antara pelajar dan orang tua,” terang dia.

“Meskipun kurang maksimal karena lokasi lomba yang tidak memadai, tetapi sukses dilaksanakan. Dan cukup meriah. Penonton banyak, dan peserta juga memahami kondisi sekitar rumah Betang Jerora Satu,” imbuh dia.

Ia menjelaskan, bahwa nilai pemangka’ kena yang dipangka keluar lingkaran di berikan nilai 10. Sebaliknya tidak kena dan keluar, tidak mendapatkan nilai atau nol. Nilai pemasang dipangkak dan tidak kena bernilai 10.

“Jika keduanya kena dan sama-sama keluar maka masing masing mendapat nilai 5. Bila pemasang gasing keluar lingkaran, maka pemangkak nilainya 3 dan nilai pemasang 0,” ujar Laurensius Anong menjelaskan sistem penilaian.

“Aturan lainnya, gasing pemasang tidak boleh keluar dari garis yang sudah ditentukan, dan kakinya tidak boleh menyentuh garis. Tetapi untuk pemangkak, jika kakinya menyentuh garis, maka akan langsung di diskualifikasi. Tadi ada satu orang peserta pemangkak yang kakinya menyentuh garis, langsung kita diskualifikasi dan pemasang dinyatakan pemenang,” tutup dia.

Read Previous

Kades Teluk Gelam Sambut Hangat Mahasiswa KKL IAIN Pontianak

Read Next

90 Persen Desa di Serawai Belum Dialiri Listrik